Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Linux - Istilah-Istilah Pada Linux

Halo teman-teman semua, selamat datang kembali pada Web Blog kami, yaitu Awonapa Jr. Pada kesempatan ini kita akan sharing mengenai Tutorial Belajar Linux Untuk Pemula, Yaitu membahas  Belajar Linux - Istilah-Istilah Pada Linux.

Istilah pada Linux

Jika sebelumnya kita sudah mengenal Apa Itu Linux maka berikutnya kita akan membahas mengenai istilah-istilah yang ada pada Linux. Teman-teman pasti pernah mendengar beberapa istilah dasar dibawah ini, seperti : Distro Linux, Kernel, GNU, Boot Loader, Partisi, Terminal, Bash, Window Manager, Desktop Environment (DE), Repository / Repo, Root, Home, Swap, Open Source dan lainya.

Baik kita akan membahas beberapa istilah-istilah pada linux sebagai berikut : 

Distro Linux

Distro Linux adalah kepanjangan dari distribusi linux, yaitu sistem operasi yang dibangun dari kernel linux dengan penambahan komponen lain berupa module, aplikasi, service ataupun package lain agar tercipta sistem operasi dengan tujuan yang spesifik yang telah ditentukan oleh pihak pengembang.

Distro Linux yang popular diantaranya adalah Ubuntu, Debian, Manjaro, Linux Mint, dan beberapa lainya.

Teman-teman dapat membaca ulang mengenai Distro Linux untuk pemula pada link dibawah ini :

Belajar Linux - Distro Linux Untuk Pemula

Kernel

Kernel adalah modul utama dalam sistem operasi (Operating System) yang menjadi bagian paling penting pada Sistem Operasi.

Letak dari kernel adalah di area terlindung yaitu di Memory Utama (RAM) agar terhindar dari tumpukan oleh memory aplikasi lainnya.

kernel linux

Kernel bertugas untuk melayani bermacam macam program aplikasi untuk melakukan akses pada perangkat keras komputer (hardware) secara aman, selain itu memiliki tugas untuk menangani memory management, process management, task management dan disk management. Secara singkat bahwa kernel ini adalah penghubung antara hardware dan software dalam sebuah sistem komputer.

GNU

GNU adalah kepanjangan dari GNU's not UNIX, yang memiliki pengertian aplikasi yang kompatible atau cocok dengan UNIX yang dikembangkan oleh Free Software Foundation (FSF)

Tujuan dari GNU adalah membuat semua aplikasi yang bersifat opensource untuk didedikasikan guna kepentingan umat manusia.

Boot Loader

Boot Loader adalah kode perintah yang bertugas untuk menangani proses dari booting ke sistem operasi (Operating System) sebelum sistem operasi tersebut diload / dijalankan.

Terdapat istilah lain dari Boot Loader yaitu program yang bertanggung jawab untuk memuat kernel Linux dengan parameter kernel opsional dan disk RAM, yang di kenal sebagai initrd. 

Boot loader dimuat oleh BIOS atau UEFI setelah POST yang berhasil. Boot Loader di Linux menggunakan GRUB / LILO sedangkan di Windows menggunakan windows boot manager.

Partisi

Partisi adalah Proses membagi ruang harddisk menjadi dua atau lebih, sehingga seolah-olah akan ada lebih dari satu harddisk, biasanya pada Windows untuk partisi pada System ditandai dengan C: .

Berbeda dengan Linux, Partisi yang ada pada Linux biasanya adalah ROOT, SWAP, dan HOME, minimal 3 partisi tersebut. 

Terminal

Terminal adalah Interface yang digunakan oleh user untuk berinteraksi dengan sistem komputer menggunakan Command Line Interface (CLI) , biasanya terminal dapat digunakan untuk melakukan operasi pada sistem, seperti update dan upgrade sistem operasi, melakukan perintah tertentu pada sistem. 

teman-teman dapat membaca mengenai CLI dan GUI pada link dibawah ini

Bash

Bash adalah bahasa yang berjalan diatas kernel entah itu Linux maupun Unix, yang berfungsi sebagai penerjemah antara user dan sistem operasi (kernel).
Teman-teman dapat melihat contoh penggunaan bash pada artikel dibawah ini :
Penggunaan Bash Pada Linux

Window Manager

Window Manager adalah sebuah software untuk sistem operasi yang mengatur tata letak jendela program. Biasanya pada linux sendiri terdapat masing-masing window manager, seperti GNOME, KDE, XFCE, dan lainya.

Desktop Environment

Desktop Environment adalah Graphical User Interface (GUI) yang didesain untuk mempermudah pengguna (user) dalam mengakses dan menggunakan fitur - fitur dalam sebuah paket sistem operasi. 

Beberapa Contoh dari Desktop Environment adalah GNOME, KDE, XFCE.

Repository

Repository adalah tempat penyimpanan ratusan aplikasi atau program yang tersedia untuk dapat diakses melalui INTERNET biasanya saat kita ingin menginstall aplikasi pada linux.

Jadi kita tidak perlu repot-repot mengunduh aplikasi yang harus membuka web browser lalu menulis url web nya. biasanya terdapat pada folder /etc/apt/sources.

Root | Home | Swap

Root adalah pengguna yang mempunyai akses untuk mengelola sistem anda. Dan juga biasanya pada Linux Partisi root ditandai dengan tanda / dan juga jika user root ditandai dengan #.

Home adalah partisi yang biasanya ada pada Linux yaitu berisi nama user lalu di dalam nama user terdapat beberapa folder dan beberapa konfigurasi dari tempilan di user tersebut.

Swap adalah sebuah ruang pada harddisk yang dijadikan ruang virtual memory yang digunakan ketika komputer/laptop membutuhkan lebih banyak memory. 

Maksudnya adalah partisi dengan filesystem Swap ini bekerja sebagai cadangan , apabila RAM yang digunakan penuh.

Open Source

Open Source merupakan sifat dari Linux yang artinya bebas untuk dimiliki, bebas untuk dikembangkan, serta bebas untuk didistribusikan ulang. 


Baik teman-teman, cukup seperti itu untuk sharing mengenai Tutorial Belajar Linux Untuk Pemula - Belajar Linux - Istilah-Istilah Pada Linux. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kita semua.
Sekian dan Terimakasih
 
Tag Penelusuran
  • Istilah Linux
  • Sebutan pada Linux
  • Belajar Linux
  • Belajar Linux Pemula

Posting Komentar untuk "Belajar Linux - Istilah-Istilah Pada Linux"