Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Belajar Linux Untuk Pemula - Apa Itu Linux

Halo teman-teman semua, selamat datang kembali pada Web Blog kami, yaitu Awonapa Jr. Pada kesempatan ini kita akan sharing mengenai Tutorial Belajar Linux Untuk Pemula, Yaitu membahas  Tutorial Belajar Linux Untuk Pemula - Apa Itu Linux.

Belajar Linux Pemula

Pengertian Sistem Operasi Linux

Pengertian Linux adalah sebuah sistem operasi yang berbasis Unix, menggunakan kernel linux sebagai inti beserta aplikasi dan module pendukung lain, yang telah disebarluaskan kepada masyarakat secara gratis dan berada di bawah naungan lisensi GNU General Public License (GPL)

Linux biasa di kenal dengan sebutan Open Source, sama halnya dengan aplikasi open source lainnya, Linux juga dapat dikembangkan dan di distribusikan secara gratis.

Sejarah Sistem Operasi Linux

Sistem operasi Linux berbasis open source. Kernel dari sistem operasi Linux dibuat oleh Linus Torvald pada tahun 1991 saat itu dia masih masa perkuliahan di Universitas Helsinski, Finlandia. Sebelumnya, Richard Stallman pum sudah terlebih dulu mengembangkan project GNU. Dalam project tersebut, Stallman adalah pencipta linux untuk menciptakan sistem operasi yang benar-benar free. Free di sini artinya bebas untuk di kembangkan.

Apa itu Kernel

Kernel merupakan inti dari sistem operasi itu sendiri dimana Kernel berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara aplikasi dengan hardware ,Bukan hanya itu kernel juga mengatur penggunaan resource hardware oleh aplikasi karena jika hardware langsung diakses oleh aplikasi tanpa diatur oleh Kernel maka bisa menyebabkan sistem crash ketika hardware tersebut diakses oleh aplikasi lain.
Pada saat proses pengembangan yang dilakukan oleh Linus adalah Kernel. Kernel yang telah dikembangkan yaitu baru dapat membaca harddisk dan device yang telah terhubung ke komputer.

Tujuan Sistem Operasi Linux

Disini Tujuan Linux dibuat yaitu tidak memiliki tujuan Tunggal, jika di lihat dari sisi Open Source adalah memberikan akses kepada masyarakat untuk bisa mengembangkan Linux. Jika di kutip dari Komentar salah satu netizen seperti ini :

“Linux is like a box of tools. Do tools have a goal? Not, the person using a tool has a goal. Linux is just the way they want to get to their goal.“

“Linux itu seperti sekotak alat. Apakah alat memiliki tujuan? Bukan, orang yang menggunakan alat memiliki tujuan. Linux adalah cara yang mereka inginkan untuk mencapai tujuan mereka. "

Kelebihan Sistem Operasi Linux

Linux bersifat Open Source, bebas untuk dimiliki, bebas untuk dikembangkan, serta bebas untuk didistribusikan ulang. 
  • Linux yaitu Freeware. Sistem operasi yang mempunyai sifat Freeware, artinya baik digunakan untuk penggunaan pribadi, kelompok, maupun instansi sekalipun, teman-teman dapat menggunakan sistem operasi Linux secara bebas, tanpa harus membayar kepada developernya.

  • Linux membutuhkan spesifikasi hardware komputer yang rendah, namun bisa digunakan untuk kebutuhan yang tinggi, seperti memanage sebuah server. Namun jika teman-teman menggunakan Linux untuk server, maka disarankan menggunakan spesifikasi hardware yang sesuai.

  • Dikutip dari sebuah website, bahwa Linux lebih stabil bahkan dipercaya oleh badan seperti NASA, terdapat artikel bahwa Linux Used on Mars. Maka tidak perlu khawatir mengenai stabilitas Linux itu sendiri.

  • Pernah dengar Linux anti virus? Iya mungkin lebih tepatnya bahwa Sistem Operasi Linux Lebih Kebal terhadap adanya serangan Virus, Oleh karena itu Linux direkomendasi kan untuk keamanan pada Komputer.

Mengapa Harus Menggunakan Sistem Operasi Linux

Biasanya Linux digunakan oleh Programmer dikarenakan kebutuhan dari masing-masing individu. Seperti dalam mengkompile sebuah Program, atau aplikasi.

Namun berikut ini adalah alasan kenapa kita harus menggunakan Linux

  • Linux itu Free dan Open Source, lalu apa yang dimaksud dari dua istilah tersebut? Free disini maksudnya teman-teman memiliki kebebasan dalam melakukan modifikasi, menyebarkan, mempelajari dan lain sebagainya, lalu untuk Open Source disini adalah kode sumbernya yang terbuka. Jadi, siapa saja pun bebas membaca, mempelajari, serta memodifikasi kode sumbernya.

  • Data teman-teman di Komputer atau laptop pasti penting kan? Karena Linux lebih kebal dari Virus dapat membuat teman-teman lebih nyaman dan tidak perlu antivirus tambahan pada linux.

  • Linux mendukung banyak bahasa pemrograman, banyak tool gratis bawaan dari Linux, seperti beberapa bahasa pemrograman yaitu C, C++, C#, menggunakan mono develop, dan lainya.

Mengenal GUI dan CLI

Membahas mengenai Sistem Operasi, terlebih lagi membahas sistem operasi Linux, pasti teman-teman tidak asing dengan istilah GUI ( Graphic User Interface ) dan CLI ( Command Line Interface ), istilah kedua tersebut masuk ke dalam ranah Interface atau Antar Muka dalam sebuah sistem. 

Untuk melakukan operasi pada GUI pada sistem sudah disediakan alat bantu visual yaitu grafik yang biasanya mencangkup gambar dan ikon yang bisa kita klik, seperti pada Sistem Operasi Windows.
Jika pada CLI membutuhkan sedikit keahlian memahami dan menulis perintah pada console di Terminal. Baik mari kita bahas satu persatu :
 
 

Distro Linux Untuk Pemula

Membahas mengenai Distro Linux adalah kepanjangan dari distribusi linux, yaitu sistem operasi yang dibangun dari kernel linux dengan penambahan komponen lain berupa module, aplikasi, service ataupun package lain agar tercipta sistem operasi dengan tujuan yang spesifik yang telah ditentukan oleh pihak pengembang. 
Pada artikel dibawah ini, kita akan membahas mengenai Distro Linux apakah yang cocok dengan teman-teman yang ingin belajar Linux.
 
 

Istilah-Istilah Pada Linux

Jika sebelumnya kita sudah mengenal Apa Itu Linux maka berikutnya kita akan membahas mengenai istilah-istilah yang ada pada Linux. Teman-teman pasti pernah mendengar beberapa istilah dasar dibawah ini, seperti : Distro Linux, Kernel, GNU, Boot Loader, Partisi, Terminal, Bash, Window Manager, Desktop Environment (DE), Repository / Repo, Root, Home, Swap, Open Source dan lainya.

 

Apa itu Linux LTS

Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai Istilah-Istilah Pada Linux maka berikutnya kita akan membahas dan sharing mengenai Linux LTS atau kepanjangan dari LTS (Long Term Service) , biasanya Linux LTS atau Long Term Service lebih sering ditemui pada Distro Ubuntu.

LTS adalah kepanjangan Long Term Service atau bisa disebut dengan Dukungan Jangka Panjang, biasanya LTS mendapat dukungan lebih lama hingga 5 Tahun, sedangkan untuk versi non-LTS itu 9 Bulan. 
 
 
Baik teman-teman, cukup seperti itu untuk sharing mengenai Tutorial Belajar Linux Untuk Pemula - Apa Itu Linux. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kita semua.
Sekian dan Terimakasih
 
 
Tag Penelusuran
  • Linux adalah
  • Sistem Operasi Linux
  • Belajar Linux Pemula
  • Apa itu Linux

Posting Komentar untuk "Tutorial Belajar Linux Untuk Pemula - Apa Itu Linux"