Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Linux - Apa Itu Linux LTS

Halo teman-teman semua, selamat datang kembali pada Web Blog kami, yaitu Awonapa Jr. Pada kesempatan ini kita akan sharing mengenai Tutorial Belajar Linux Untuk Pemula, Yaitu membahas  Belajar Linux - Apa Itu Linux LTS. 

Apa Itu Linux LTS

Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai Istilah-Istilah Pada Linux maka berikutnya kita akan membahas dan sharing mengenai Linux LTS atau kepanjangan dari LTS (Long Term Service) , biasanya Linux LTS atau Long Term Service lebih sering ditemui pada Distro Ubuntu.

Apa Itu LTS

LTS adalah kepanjangan Long Term Service atau bisa disebut dengan Dukungan Jangka Panjang, biasanya LTS mendapat dukungan lebih lama hingga 5 Tahun, sedangkan untuk versi non-LTS itu 9 Bulan.

Dukungan yang diberikan adalah berupa pembaruan atau update, perbaikan, dan keamanan pada Sistem Operasi tersebut (Ubuntu).  Oleh karena itu di sarankan untuk kita menggunakan yang Versi LTS karena mendapat dukungan lebih lama.

Ubuntu LTS

Jika teman-teman sudah mengetahui LTS, nah berikut kita akan membahas mengenai Sistem Operasi Ubuntu LTS.

LTS Ubuntu

Ubuntu merilis versi terbarunya setiap 6 bulan sekali berarti pada bulan April / Oktober, terkadang inilah yang membuat pada pengguna tergoda untuk mencicipi versi terbaru nya tersebut. Padahal jika kita memahami mengenai LTS maka kita dapat mencicipi versi terbaru dengan menggunakan VirtualBox jadi kita dapat terhindar dari bug bug yang belum di selesaikan.

Cara Install Linux Debian di Virtualbox

Kenapa Memilih LTS? 

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Linux LTS di sarankan :

  • Mendapat Dukungan Hingga 5 Tahun lama nya
  • Lebih Stabil 
  • Cocok untuk Server
  • Kompatibel dengan Banyak Hardware

Bagaimana dengan Non-LTS?

Selain itu ada juga jika teman-teman ingin menggunakan Linux Non LTS

  • Dapat Bereksperimen dengan Aplikasi Terbaru
  • Dapat Bereksperimen dengan Fitur-fitur Terbaru
  • Ingin selalu update distro terbaru

Kesimpulan

Jika teman-teman baru ingin menggunakan linux, maka pilihlah Linux yang versi LTS, contoh nya adalah Ubuntu LTS versi 18.04 LTS atau Ubuntu 20.04 LTS. Karena teman-teman InsyaAllah akan dihindarkan dari Bug bug yang bisa membuat teman-teman pusing :)

Jika masih ingin belajar dan coba-coba teman-teman bisa mencoba nya di VirtualBox ya, untuk tutorial akan segera diterbitkan.

Baik teman-teman, cukup seperti itu untuk sharing mengenai Tutorial Belajar Linux Untuk Pemula - Belajar Linux - Apa Itu Linux LTS. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kita semua.
Sekian dan Terimakasih
 
Tag Penelusuran
  • Istilah Linux
  • Linux LTS
  • Ubuntu LTS
  • Belajar Linux Pemula

Posting Komentar untuk "Belajar Linux - Apa Itu Linux LTS"