Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Linux - Distro Linux Untuk Pemula

Halo teman-teman semua, selamat datang kembali pada Web Blog kami, yaitu Awonapa Jr. Pada kesempatan ini kita akan sharing mengenai Tutorial Belajar Linux Untuk Pemula, Yaitu membahas  Belajar Linux - Distro Linux Untuk Pemula.

Distro Linux Untuk Pemula

Untuk teman-teman yang ingin menggunakan Linux, teman-teman harus memilih dulu, apakah linux yang akan digunakan, beberapa diantaranya adalah Ubuntu, Linux Mint, Xubuntu, Manjaro, Debian dan lainya, jenis jenis itu biasanya disebut dengan istilah "Distro Linux", berikut ini akan kita membahas mengenai Distro Linux yang di sarankan kepada teman-teman.

Apa Itu Distro Linux

Distro Linux adalah kepanjangan dari distribusi linux, yaitu sistem operasi yang dibangun dari kernel linux dengan penambahan komponen lain berupa module, aplikasi, service ataupun package lain agar tercipta sistem operasi dengan tujuan yang spesifik yang telah ditentukan oleh pihak pengembang.

Distro Linux memiliki perbedaan masing-masing, mulai dari yang bertipe Linux Desktop ataupun Linux Server.

Distro Linux Yang Disarankan

Berikut ini adalah beberapa distro linux yang disarankan oleh kebanyakan orang dan pribadi dari saya masing-masing. 

1. Manjaro Linux

Ini merupakan distro Linux yang open-source dan sangat mudah sekali Anda pelajari untuk masalah penggunaanya. Distro ini memang dibuat agar digunakan langsung pada installer live dan bisa memanfaatkan beberapa macam software pre-installed.

manjaro linux
Manjaro Linux memiliki keunggulan lebih pada bagian hardware, yaitu mendukung banyak hardware dan memiliki fitur hardware detection.

2. Ubuntu

Ubuntu merupakan sistem operasi dan distribusi Linux berbasis Debian yang gratis dan open-source. Sistem operasi ini dibangun dengan menggunakan infrastruktur Debian dan terdiri dari server, desktop, dan sistem operasi Linux.
Ubuntu OS
Ubuntu sudah sangat terkenal dikalangan para pengguna linux. Ubuntu juga dikenal mampu menerima banyak hardware yang tersambung ke laptop. Karena sebenarnya rata-rata pabrikan memberikan driver Ubuntu.

3. Debian

Debian merupakan sebuah sistem operasi Open Source yang merupakan turunan dari Linux,dan dikembangkan secara terbuka untuk programmer yang bersedia mengembangkan sistem operasi ini.Debian merupakan gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux.

Linux Debian
Saya sendiri pernah menggunakan Linux Debian, Linux ini pada saat itu saya gunakan sebagai Server.

4. Linux Mint

Linux Mint merupakan sistem operasi dan distribusi Linux berbasis Debian yang gratis dan open-source. Inti dari linux Mint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang bisa berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan di Linux Mint. Meski inti Linux Mint adalah Ubuntu, Linux Mint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.

Linux Mint
Linux Mint telah membuktikan dirinya bahwa Linux adalah userfriendly, easy, dan, dapat diperoleh secara gratis dan dapat dikembangkan sendiri. Distribusi ini dikembangkan untuk keperluan desktop seperti kebutuhan Office, play video / mp3, browsing, dan keperluan desktop lainnya.

5. Xubuntu

Xubuntu adalah sebuah distribusi linux atau sebuah varian dari ubuntu yang menggunakan desktop environment Xcfe, DE (Desktop Environment) adalah sebuah antarmuka grafis (Graphical User Interface) pada sistem operasi kalian.

Linux Xubuntu
 

Saya sendiri adalah user dari Linux Xubuntu, bertahan hingga beberapa tahun, saya sendiri menggunakan untuk keperluan development web.

Kesimpulan

Disini saya simpulkan, untuk teman-teman yang ingin belajar Linux, Dapat menggunakan salah satu dari Distro Linux diatas, saat ini yang banyak disarankan yaitu Ubuntu, Manjaro Linux, Linux Mint juga pun begitu.

Dilihat dari distrowatch penggunaan selama 12 bulan terakhir adalah seperti ini :

distro watch

Baik teman-teman, cukup seperti itu untuk sharing mengenai Tutorial Belajar Linux Untuk Pemula - Belajar Linux - Distro Linux Untuk Pemula. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kita semua.
Sekian dan Terimakasih
 
 
Tag Penelusuran
  • Linux Pemula
  • Distro Linux
  • Belajar Linux
  • Belajar Linux Pemula

Posting Komentar untuk "Belajar Linux - Distro Linux Untuk Pemula"