Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Mapel Pilihan TJKT

Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di banyak sekolah saat ini, termasuk pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pada jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi terdapat Mata Pelajaran Pilihan. Berikut ini merupakan Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pilihan TJKT.

CP Mapel Pilihan TJKT

TJKT -  Capaian Pembelajaran Mapel Pilihan TJKT

Jika dilihat dari keseluruhan pada capaian pembelajaran mapel pilihan ini bertujuan agar Peserta didik mampu menginternalisasikan soft skills, menerapkan, meningkatkan, dan mengembangkan hard skills di dunia kerja serta mempunyai kesiapan kemandirian dalam berwirausaha.

1. Capaian Pembelajaran

Berikut ini merupakan Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pilihan TJKT.

Pada akhir fase F, peserta didik mampu menginternalisasikan soft skills, menerapkan, meningkatkan, dan mengembangkan hard skills di dunia kerja serta mempunyai kesiapan kemandirian dalam berwirausaha.

Kemudian berikut ini akan dibagi menjadi Elemen dan Capaian Pembelajaran.

Elemen Mata Pelajaran Pilihan TJKT 

  • Internalisasi dan penerapan soft skills 
  • Penerapan hard skills 
  • Peningkatan dan Pengembangan hard skills 
  • Penyiapan Kemandirian Berwirausaha 

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pilihan TJKT

  • Pada akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan etika berkomunikasi secara lisan dan tulisan, integritas (antara lain jujur, disiplin, komitmen, dan tanggung jawab), etos kerja, bekerja secara mandiri dan/atau bekerja di dalam tim, kepedulian sosial dan lingkungan, serta ketaatan terhadap norma, K3LH, dan POS yang berlaku di dunia kerja.
  • Pada akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan kompetensi teknis pada pekerjaan sesuai POS yang berlaku di dunia kerja.
  • Pada akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan kompetensi teknis baru dan/atau kompetensi teknis yang belum tuntas dipelajari sesuai konsentrasi keahlian.
  • Pada akhir fase F, peserta didik mampu melakukan analisis usaha secara mandiri.

2. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pilihan

Capaian pembelajaran Mata Pelajaran Pilihan pada SMK/MAK mengacu kepada mata pelajaran yang dipilih oleh masing-masing peserta didik sesuai dengan pilihannya dan diselenggarakan oleh satuan pendidikan sesuai dengan sumber daya yang dimiliki.  

Mata Pelajaran Pilihan Meliputi : 

  • pendalaman mata pelajaran konsentrasi keahlian Pendalaman mata pelajaran konsentrasi keahlian mengacu kepada Capaian Pembelajaran mata pelajaran konsentrasi keahlian yang dijalani peserta didik dengan menambah elemen dan/atau tujuan pembelajaran.
  • pilihan mata pelajaran lintas konsentrasi keahlian. Mata pelajaran lintas konsentrasi keahlian mengacu kepada Capaian Pembelajaran mata pelajaran konsentrasi keahlian pada program keahlian lain atau bidang keahlian lain dengan menggunakan elemen dan/atau tujuan pembelajaran yang ditawarkan.
  • pendalaman mata pelajaran akademik

Implementasi Mata Pelajaran Pilihan Di Sekolah

Pada saat ini implementasi mata pelajaran di sekolah yaitu pada kelas XI TJKT, kami memfokuskan pada mata pelajaran pilihan yaitu :

Dengan hasil akhir berupa project atau alat atau karya yang bisa digunakan untuk mempermudah kehidupan sehari-hari dan juga dapat dijadikan sebagai penghasil cuan :). 

Unduh Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pilihan : 

Capaian Pembelajaran Mapel Pilihan TJKT

Baik cukup seperti itu untuk Sharing mengenai Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi, Yaitu membahas Capaian Pembelajaran Mapel Pilihan TJKT InsyaAllah postingan ini akan di update lagi sesuai dengan artikel yang di post mengenai. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kita semua.

Sekian dan Terimakasih

Tag Penelusuran
  • Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
  • Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pilihan
  • Mata Pelajaran Pilihan
  • TJKT

8 komentar untuk "Capaian Pembelajaran Mapel Pilihan TJKT"