Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Informatika Terbaru 2022

Informatika adalah sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural maupun artifisial yang secara khusus tidak hanya berkaitan dengan studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, tetapi juga pemahaman terhadap prinsip-prinsip dasar pengembangan.

Capaian Pembelajaran Informatika Terbaru 2022

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Informatika

Implementasi kurikulum merdeka mempengaruhi banyak hal, termasuk salah satu tambahan mata pelajaran Informatika, berikut ini merupakan Capaian Pembelajaran Informatika.

A. Rasional Mata Pelajaran Informatika

Informatika adalah sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural maupun artifisial yang secara khusus tidak hanya berkaitan dengan studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, tetapi juga pemahaman terhadap prinsip-prinsip dasar pengembangan. 

Peserta didik dapat menciptakan, merancang, dan mengembangkan produk berupa artefak komputasional (computational artifact) dalam bentuk perangkat keras, perangkat lunak (algoritma, program, atau aplikasi), atau sistem berupa kombinasi perangkat keras dan lunak dengan menggunakan teknologi dan perkakas (tools) yang sesuai.

Informatika mencakup prinsip keilmuan perangkat keras, data, informasi, dan sistem komputasi yang mendasari proses pengembangan tersebut. Oleh karena itu, Informatika mencakup sains, rekayasa, dan teknologi yang berakar pada logika dan matematika. Istilah Informatika dalam bahasa Indonesia merupakan padanan kata yang diadaptasi dari Computer Science atau Computing dalam bahasa Inggris. 

Peserta didik mempelajari mata pelajaran Informatika tidak hanya untuk menjadi pengguna komputer, tetapi juga untuk menyadari perannya sebagai problem solver yang menguasai konsep inti (core concept), terampil dalam praktik (core practices) menggunakan dan mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta berpandangan terbuka pada aspek lintas bidang.

B. Tujuan Mata Pelajaran Informatika

Mata pelajaran Informatika bertujuan untuk mengantarkan peserta didik menjadi “computationally literate creators” yang menguasai konsep dan praktik Informatika, yaitu:

  1. Berpikir komputasional, yaitu terampil menciptakan solusi-solusi untuk menyelesaikan persoalan-persoalan secara sistematis kritis, analitis, dan kreatif;
  2. Memahami ilmu pengetahuan yang mendasari Informatika, yaitu sistem komputer, jaringan komputer dan internet, analisis data algoritma dan pemrograman, serta menyadari dampak Informatika terhadap kehidupan bermasyarakat;
  3. Terampil berkarya dalam menghasilkan artefak komputasional sederhana, dengan memanfaatkan teknologi dan menerapkan proses rekayasa, serta mengintegrasikan pengetahuan bidang-bidang lain yang membentuk solusi sistemik;
  4. Terampil dalam mengakses, mengelola, menginterpretasi, mengintegrasikan, mengevaluasi informasi, serta menciptakan informasi baru dari himpunan data dan informasi yang dikelolanya, dengan memanfaatkan TIK yang sesuai; dan
  5. Menunjukkan karakter baik sebagai anggota masyarakat digital, sehingga mampu berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi dan menggunakan perangkat teknologi informasi disertai kepedulian terhadap dampaknya dalam kehidupan bermasyarakat.

C. Karakteristik Mata Pelajaran Informatika

Mata pelajaran Informatika mengintegrasikan kemampuan berpikir komputasional, keterampilan menerapkan pengetahuan Informatika, serta pemanfaatan teknologi (khususnya TIK) secara tepat dan bijak sebagai objek kajian dan alat bantu untuk menghasilkan solusi efisien dan optimal dari persoalan yang dihadapi masyarakat dengan menerapkan rekayasa dan prinsip keilmuan Informatika. Elemen mata pelajaran Informatika saling terkait satu sama lain membentuk keseluruhan mata pelajaran Informatika sebagaimana diilustrasikan pada gambar bangunan Informatika di bawah ini :

Keterangan:

  • TIK : Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • SK : Sistem Komputer
  • JKI : Jaringan Komputer dan Internet
  • AD : Analisis Data
  • AP : Algoritma dan Pemrograman
  • DSI : Dampak Sosial

Elemen dan Deskripsi Mata Pelajaran Informatika

Elemen :
Berpikir komputasional (BK)
Deskripsi :
Mengasah keterampilan problem solving yang efektif, efisien, dan optimal sebagai landasan untuk
menghasilkan solusi dengan menerapkan penalaran kritis, kreatif dan mandiri.

Elemen :
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Deskripsi :
Menjadi perkakas dalam berkarya dan sekaligus objek kajian yang memberikan inspirasi agar suatu hari peserta didik menjadi pencipta karya-karya berteknologi yang berlandaskan Informatika.

Elemen :
Sistem komputer (SK)
Deskripsi :
Pengetahuan tentang bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak berfungsi dan saling mendukung dalam mewujudkan suatu layanan bagi pengguna baik di luar maupun di dalam jaringan komputer/internet.

Elemen :
Jaringan Komputer dan Internet (JKI)
Deskripsi :
Memfasilitasi pengguna untuk menghubungkan sistem komputer dengan jaringan lokal maupun internet.

Elemen :
Analisis data (AD)
Deskripsi :
Memberikan kemampuan untuk menginput, memproses, memvisualisasi data dalam berbagai tampilan,
menganalisis, menginterpretasi, dan memprediksi, serta mengambil kesimpulan serta keputusan berdasarkan penalaran.

Elemen dan Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Informatika

Elemen :
AP
Capaian Pembelajaran :
Pada akhir fase D, peserta didik mampu memahami objek- objek dan instruksi dalam sebuah lingkungan pemrograman blok (visual) untuk mengembangkan program visual sederhana berdasarkan contoh-contoh yang diberikan, mengembangkan karya digital kreatif (game, animasi, atau presentasi), menerapkan aturan translasi konsep dari satu bahasa visual ke bahasa visual lainnya, dan mengenal pemrograman tekstual sederhana.

Elemen :
DSI
Capaian Pembelajaran :
Pada akhir fase D, peserta didik mampu memahami ketersediaan data dan informasi lewat aplikasi media sosial, memahami keterbukaan informasi, memilih informasi yang bersifat publik atau privat, menerapkan etika dan menjaga keamanan dirinya dalam masyarakat digital.

Elemen :
PLB
Capaian Pembelajaran :
Pada akhir fase D, peserta didik mampu bergotong royong untuk mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan artefak komputasional sebagai solusi persoalan masyarakat serta mengomunikasikan produk dan proses pengembangannya dalam bentuk karya kreatif yang menyenangkan secara lisan maupun tertulis.

Berikutnya terdapat 

  • Fase E (Umumnya untuk kelas X SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C)
  • Fase F (Umumnya untuk kelas XI dan XII SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C)

Teman-teman dapat mengunduh nya pada tautan dibawah ini :

 Unduh CP Informatika

Baik cukup seperti itu untuk Sharing mengenai Mata Pelajaran Informatika, Yaitu membahas Capaian Pembelajaran Informatika Terbaru 2022 InsyaAllah postingan ini akan di update lagi sesuai dengan artikel yang di post mengenai. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kita semua.

Sekian dan Terimakasih

Tag Penelusuran
  • Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
  • Capaian Pembelajaran
  • TJKT
  • Informatika
  • Kurikulum Merdeka

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Informatika Terbaru 2022"