Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Sistem Operasi - Working With Bash

Halo teman-teman semua, selamat datang kembali pada Web Blog kami, yaitu Awonapa Jr. Pada kesempatan ini kita akan sharing mengenai Sistem Operasi, Yaitu membahas Makalah Sistem Operasi - Working With Bash.

Working With Bash

Kuliah Sistem Operasi - Working With Bash

BAB I

Latar Belakang

Shell merupakan program atau penerjemah perintah yang bertindak sebagai antarmuka atau interface antara user dengan sistem operasi, yang mana kernel yang menjadi inti dari sistem operasi, pada umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, yaitu tempat untuk mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan oleh user baik berupa perintah internal shell (internal command), ataupun perintah eksekusi suatu file progam (eksternal command).
Selain itu, shell juga dapat digunakan oleh user untuk menyusun sekumpulan perintah pada sebuah file atau beberapa file untuk dieksekusi sebagai suatu program. Tidak seperti pada sistem operasi lain yang hanya menyediakan satu atau 2 shell saja, sistem operasi dari keluarga unix, dalam hal ini misalnya linux, sampai saat ini dilengkapi oleh berbagai jenis shell dengan sekumpulan perintah yang sangat banyak, sehingga memungkinkan user untuk memilih shell mana yang paling baik untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya, atau dapat pula berpindah-pindah dari shell yang satu ke shell yang lain dengan mudah, beberapa shell yang ada di linux antara lain:
•    Bourne shell(sh),
•    C shell(csh),
•    Korn shell(ksh),
•    Bourne again shell(bash),
•    dsb.
Setiap shell mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang mungkin lebih didasarkan pada kebutuhan pemakai yang semakin hari semakin meningkat, dalam hal ini shell yang digunakan adalah bash shell dari GNU, yang merupakan pengembangan dari Bourne shell dan mengambil beberapa feature dari C shell serta Korn shell, Bash shell merupakan shell yang cukup banyak digunakan pemakai linux karena kemudahan dalam penggunaannya serta banyaknya fasilitas perintah yang disediakan.

Rumusan Masalah

Menjelaskan konsep bahasa pemrograman shell..?

Tujuan

  1. Memahami konsep shell programing
  2. Memahami jenis-jenis variabel dalam shell
  3. Mampu menulis program dengan shell programing

Metode Pustaka

Metode yang dilakukan dengan mempelajari dan mengumpulkan data dari pustaka yang berhubungan dengan alat,baik berupa buku maupun informasi di internet.

BAB II

A. Pemrograman Shell

Dengan pemrograman shell, seorang user dapat menyusun atau mengelompokkan beberapa perintah shell (internal atupun eksternal command) menjadi kumpulan perintah yang melakukan tugas tertentu sesuai tujuan penyusunnya. Kelebihan dari shell di linux dibanding sistem operasi lain adalah bahwa shell di linux memungkinkan kita untuk menyusun serangkaian perintah seperti halnya bahasa pemrograman (interpreter language), yang dapat melakukan proses I/O, menyeleksi kondisi, looping, membuat fungsi, dsb. Sebagaimana pada proses-proses yang umumnya dilakukan oleh suatu bahasa pemrograman lain. Jadi, dengan shell di linux kita dapat membuat program seperti halnya bahasa pemrograman, untuk pemrograman shell pemakai unix atau linux menyebutnya sebagai script shell.

1. Dasar - Dasar Pemrograman Shell

Sebelum mempelajari pemrograman Bash shell di linux sebaiknya anda telah mengetahui dan menggunakan perintah - perintah dasar shell baik itu internal command yang telah disediakan shell maupun eksternal command atau utility, seperti

  • cd, pwd, times, alias, umask, exit, logout, fg, bg, ls, mkdir, rmdir, mv, cp, rm, clear, dll
  • utilitas seperti cat, cut, paste, chmod, lpr, dll
  • redirection (cara mengirim output ke file atau menerima input dari file), menggunakan operator redirect >, >>, <, <<, contohnya: ls > data

2. Macam - Macam Shell

pada UNIX/Linux terdapat berbagai macam shell dengan kelebihan dan kekurangan masingmasing. Dengan banyaknya variasi shell ini, user bebas memilih shell yang digunakan. Meskipun kebanyakan sistem operasi telah menentukan sebuah shell sebagai shell default, tetapi tidak menutup kemungkinan shell lain juga dapat 14 dijalankan. 

Berikut ini beberapa macam shell yang umum terdapat dalam sistem operasi UNIX/Linux.

  • Bourne Shell (/bin/sh)
  • Bourne Again Shell(/bin/bash)
  • C Shell (/bin/csh)
  • Tenex C Shell (/bin/tcsh)
  • Tcl shell (/bin/tclsh)
  • Korn shell (shell /bin/ksh)
  • Public domain korn shell (/bin/pdksh)
  • A shell (/bin/ash)
  • Z shell (/bin/zsh)

3. Menjalankan Shell

Untuk menjalankan sebuah script shell, sebaiknya lebih dulu memahami penggunaan path absoluth dan path relatif. Ada dua cara yang digunakan untuk menjalankan sebuah shell script, yaitu

$bash hello.sh 

./hello.sh 

Untuk dapat menjalankan perintah di atas, file program harus dijalankan sebagai file executable. Untuk memberi atribut eksekusi tersebut, dapat digunakan perintah chmod.

$chmod +x hello.

Contoh Pemrograman Shell 

  1. Latihan 1
    $ if grep “root” /etc/passwd
    >   then
    >   echo “disini ada user yang bernama root”
    >   else
    >   echo “user tersebut tidak ada”
    >   fi
  2. Latihan 2 #!/bin/bash
    echo “selamat datang $USER” echo “di shell programming”
  3. Latihan 3 #!/bin/bash
    echo “Shell yang digunakan adalah $SHELL” echo “saat ini jam `date +%T`”
    21
    echo “tanggal `date +%D`”
  4. Latihan 4 #!/bin/bash
    echo “hari ini tanggal `date +%d` bulan `date +%m` tahun `date
    +%y`” echo “:D”
  5. Latihan 5 #!/bin/bash clear
    echo “nama login anda $LOGNAME”
    echo “saat ini anda berada di direktori `pwd`” echo “waktu sekarang adalah `date +%T`”
    echo “selamat bekerja”

Baik teman-teman seperti itu adalah isi dari sekilas Makalah Sistem Operasi yang akan kami sharing pada kesempatan ini. Untuk teman-teman yang membutuhkan nya bisa mengunduh dengan klik link dibawah ini:

Unduh Makalah Melalui Google Drive

Atau bisa lihat Makalah di sini


Baik teman-teman cukup seperti itu yang bisa saya sampaikan, Terimakasih sudah membaca postingan ini. Semoga bermanfaat. Salam Semangat. Awonapa!

Tag Penelusuran

  • Makalah Process dan Management Process
  • Makalah Sistem Operasi
  • Makalah Sistem Operasi - Working With Bash

Posting Komentar untuk "Makalah Sistem Operasi - Working With Bash"