Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Sistem Operasi Shell Programming

Halo teman-teman semua, selamat datang kembali pada Web Blog kami, yaitu Awonapa Jr. Pada kesempatan ini kita akan sharing mengenai Sistem Operasi, Yaitu membahas Makalah Sistem Operasi Shell Programming.

MAKALAH SISTEM OPERASI SHELL PROGRAMMING

Kuliah Sistem Operasi -Shell Programming

  • Pastikan Sudah Ada Cover
  • Pastikan sudah ada Kata Pengantar
  • Sudah disiapkan Daftar Isi

Karena kita akan masuk langsung ke dalam BAB I. Jadi beberapa hal diatas harus disiapkan terlebih dahulu.

BAB I

Latar Belakang

Shell merupakan program atau penerjemah perintah yang bertindak sebagai antarmuka atau interface antara user dengan sistem operasi, yang mana kernel yang menjadi inti dari sistem operasi, pada umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, yaitu tempat untuk mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan oleh user baik berupa perintah internal shell (internal command), ataupun perintah eksekusi suatu file progam (eksternal command).
Selain itu, shell juga dapat digunakan oleh user untuk menyusun sekumpulan perintah pada sebuah file atau beberapa file untuk dieksekusi sebagai suatu program. Tidak seperti pada sistem operasi lain yang hanya menyediakan satu atau 2 shell saja, sistem operasi dari keluarga unix, dalam hal ini misalnya linux, sampai saat ini dilengkapi oleh berbagai jenis shell dengan sekumpulan perintah yang sangat banyak, sehingga memungkinkan user untuk memilih shell mana yang paling baik untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya, atau dapat pula berpindah-pindah dari shell yang satu ke shell yang lain dengan mudah, beberapa shell yang ada di linux antara lain:
•    Bourne shell(sh),
•    C shell(csh),
•    Korn shell(ksh),
•    Bourne again shell(bash),
•    dsb.
Setiap shell mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing yang mungkin lebih didasarkan pada kebutuhan pemakai yang semakin hari semakin meningkat, dalam hal ini shell yang digunakan adalah bash shell dari GNU, yang merupakan pengembangan dari Bourne shell dan mengambil beberapa feature dari C shell serta Korn shell, Bash shell merupakan shell yang cukup banyak digunakan pemakai linux karena kemudahan dalam penggunaannya serta banyaknya fasilitas perintah yang disediakan.

Rumusan Masalah

Menjelaskan konsep bahasa pemrograman shell..?

Tujuan

  1. Mempelajari elemen dasar shell script 
  2. Membuat program shell interaktif
  3. Menggunakan parameter dalam program
  4. Mempelajari test kondisi serta operator logic yang terkait dengan instruksi test
  5. Mengenal variable built-in dari shell
  6. Membuat aplikasi dengan shell menggunakan konstruksi if-then -else
  7. Menggunakan struktur case – esac.
  8. Loop dengan while, for, do while.
  9. Membuat fungsi dan mengetahui cara memanggil fungsi tersebut.
  10. Memahami shell pada sistem operasi Linux.
  11. Menggunakan feature history pada Bash Shell
  12. feature history pada Bash Shell.
  13. Mengubah prompt shell
  14. Melakukan konfigurasi Bash Shell untuk menjalankan skrip secara otomatis
  15. Membuat dan mengeksekusi shell script sederhana melalui editor vi
  16. Memahami job control .memahami konsep shell programin
  17. memahami jenis-jenis variabel dalam shell
  18. mampu menulis program dengan shell programing

Metode Pustaka

Metode yang dilakukan dengan mempelajari dan mengumpulkan data dari pustaka yang berhubungan dengan alat,baik berupa buku maupun informasi di internet.

BAB II

A. Bekerja dengan Shell

Dengan pemrograman shell, seorang user dapat menyusun atau mengelompokkan beberapa perintah shell (internal atupun eksternal command) menjadi kumpulan perintah yang melakukan tugas tertentu sesuai tujuan penyusunnya. Kelebihan dari shell di linux dibanding sistem operasi lain adalah bahwa shell di linux memungkinkan kita untuk menyusun serangkaian perintah seperti halnya bahasa pemrograman (interpreter language), yang dapat melakukan proses I/O, menyeleksi kondisi, looping, membuat fungsi, dsb. Sebagaimana pada proses-proses yang umumnya dilakukan oleh suatu bahasa pemrograman lain. Jadi, dengan shell di linux kita dapat membuat program seperti halnya bahasa pemrograman, untuk pemrograman shell pemakai unix atau linux menyebutnya sebagai script shell.

1.  Pemrograman Shell

Shell adalah Command executive, artinya program yang menunggu instruksi dari pemakai, memeriksa sintak dari instruksi yang diberikan, kemudian mengeksekusi perintah tersebut. Shell ditandai dengan prompt. 

Untuk pemakai menggunakan prompt $ dan untuk superuser menggunakan promp #.

Beberapa macam shell :
•    /bin/sh Bourne shell, dirancang oleh Steve Bourne dari AT&T
•    /bin/csh Dikembangkan oleh UNIX Berkeley yang dikenal dengan C-Shell
•    /bin/bash Kompatibel dengan Bourne Shell dan juga mengadaptasi kemampuan Korn-Shell.

Perbedaan mendasar antara Shell diatasi hampir tidak ada, kecuali pada fasilitas pemrograman dan editing.

2.  Profile

Pada saat login, program akan menjalankan beberapa program yaitu : 

1. /etc/profile Berisi shell script yang berlaku untuk seluruh pengguna Linux. 

2. Profil untuk setiap pemakai Pada home directory, login pertama kali akan memeriksa file .bash_profile . Bila tidak ada, maka file .bash_login akan dicari. Bila .bash_login tidak ada, maka dicari file bernama .profile. 

3. .bashrc File ini akan dieksekusi untuk perpindahan dari satu shell ke shell yang lain melalui instruksi su. 

4. .bash_logout Pada saat logout, maka bash akan mencari file .bash_logout. Bila ada, file tersebut akan dieksekusi sebelum logout

3.  History

History diadaptasi dari C-Shell, yaitu catatan dari semua instruksi yang sejauh ini telah dilakukan. Catatan ini dapat dilihat sebagai history, kemudian dapat dipilih kembali, diedit dan dieksekusi. History memudahkan pemakai untuk mengedit kembali instruksi kompleks dan panjang, terutama bila terjadi kesalahan pada penulisan instruksi maupun parameter. Navigasi pada daftar history menggunakan karakter kontrool sebagai berikut :
^P (Ctrl-P) melihat instruksi sebelumnya ^N (Ctrl-N melihat instruksi berikutnya !! eksekusi kembali instruksi sebelumnya !! –3 3 instruksi sebelumnya akan diulang
!!88 ulangi instruksi no 88

4.  Bash Script

Bash-script adalah file yang berisi koleksi program yang dapat dieksekusi. Untuk eksekusi bash script gunakan . sebelum file bash -script yang berarti eksekusi shell dan tanda ./ berarti file bash-script berada pada direktori actual.

5.  Job Control

Job adalah sebuah eksekusi program yang diberikan kepada kernel. Sebuah Job dianggap selesai, bila eksekusi program tersebut berakhir. Eksekusi Job adalah sama dengan eksekusi program, baik proses Background maupun proses Foreground.

Baik teman-teman seperti itu adalah isi dari sekilas Makalah Sistem Operasi yang akan kami sharing pada kesempatan ini. Untuk teman-teman yang membutuhkan nya bisa mengunduh dengan klik link dibawah ini:

Unduh Makalah Melalui Google Drive

Atau bisa lihat Makalah di sini


Baik teman-teman cukup seperti itu yang bisa saya sampaikan, Terimakasih sudah membaca postingan ini. Semoga bermanfaat. Salam Semangat. Awonapa!

Tag Penelusuran

  • Makalah Process dan Management Process
  • Makalah Sistem Operasi
  • Makalah Sistem Operasi - Shell Programming

Posting Komentar untuk "Makalah Sistem Operasi Shell Programming"