Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Sistem Operasi Unix System Call & Manajemen Memory

Halo teman-teman semua, selamat datang kembali pada Web Blog kami, yaitu Awonapa Jr. Pada kesempatan ini kita akan sharing mengenai Sistem Operasi, Yaitu membahas Makalah Sistem Operasi Unix System Call & Manajemen Memory.

Makalah Sistem Operasi Unix System Call & Manajemen Memory

Kuliah Sistem Operasi - Makalah Unix System Call & Manajemen Memory

  • Pastikan Sudah Ada Cover
  • Pastikan sudah ada Kata Pengantar
  • Sudah disiapkan Daftar Isi

Karena kita akan masuk langsung ke dalam BAB I. Jadi beberapa hal diatas harus disiapkan terlebih dahulu.

BAB I

Latar Belakang

System operasi UNIX yang biasa  disebut  UNIX System Call, yaitu system  call  fork, execl dan wait.  Pada percobaan yang dilakukan  akan dibuat program yang didalamnya terdapat fungsi system call. Untuk  menjalankannya pada Linux gunakan g++. System  call fork adalah suatu system call yang membuat suatu proses baru  pada system operasi UNIX. Pada percobaan ini menggunakan  mesin  Linux  dan beberapa program yang berisi system call fork(). 

Bila suatu program berisi sebuah fungsi fork(), eksekusi dari program menghasilkan eksekusi dua proses. Satu proses dibuat untuk memulai eksekusi program. Bila system call fork() dieksekusi, proses lain dibuat. Proses asal disebut proses parend dan proses kedua disebut proses child. Proses child merupakan duplikat dari proses parent. Kedua proses melanjutkan eksekusi dari titik dimana system call.

Rumusan Masalah

Menjelaskan konsep Unix System Call & Manajemen Memory..?

Tujuan

  1. Memahami Konsep Unix System Call 
  2. Memahami Konsep Manajemen Memory
  3. Menggunakan system call fork, wait dan execl pada Linux.
  4. Menggunakan perintah-perintah untuk manajemen memory.

Metode Pustaka

Metode yang dilakukan dengan mempelajari dan mengumpulkan data dari pustaka yang berhubungan dengan alat,baik berupa buku maupun informasi di internet.

BAB II

1. Unix System Call

Menggunakan system call yang berhubungan dengan proses pada system operasi UNIX yang biasa  disebut  UNIX System Call, yaitu system  call  fork, execl dan wait.  Pada percobaan yang dilakukan  akan dibuat program yang didalamnya terdapat fungsi system call.

2. System Call Fork

System  call fork adalah suatu system call yang membuat suatu proses baru  pada system operasi UNIX. Pada percobaan ini menggunakan  mesin  Linux  dan beberapa program yang berisi system call fork().

Bila suatu program berisi sebuah fungsi fork(), eksekusi dari program menghasilkan eksekusi dua proses. Satu proses dibuat untuk memulai eksekusi program. Bila system call fork() dieksekusi, proses lain dibuat. Proses asal disebut proses parend dan proses kedua disebut proses child. Proses child merupakan duplikat dari proses parent. Kedua proses melanjutkan eksekusi dari titik dimana system call fork() menghasilkan eksekusi pada program utama. Karena UNIX adalah system operasi time sharing, dua proses tersebut dapat mengeksekusi secara konkuren.

Nilai yang dihasilkan oleh fork() disimpan dalam variable bertipe pid_t, yang berupa nilai integer. Karena nilai dari variable ini tidak digunakan, maka hasil fork()  dapat diabaikan.

  • Untuk kill proses gunakan Ctrl+C.
  • Untuk dokumentasi fork() dapat dilihat dengan ketikkan man 2 fork.
  • Untuk melihat id dari proses, gunakan system call getpid()
  • Untuk melihat dokumentasi dari getpid(), ketikkan man 2 getpid
  • Perbedaan antara proses parent dan proses child adalah
  • Mempunyai pid yang berbeda
  • Pada proses parent , fork() menghasilkan pid dari proses child jika sebuah  proses child dibuat.
  • Pada proses child, fork() selalu menghasilkan 0
  • Membedakan copy dari semua data, termasuk variable dengan current value dan stack
  • Membedakan program counter (PC) yang menunjukkan eksekusi berikutnya meskipun awalnya keduanya mempunyai nilai yang sama teta pi setelah itu berbeda.
  • Setelah fork, kedua proses tersebut tidak menggunakan variable bersama.
  • System call fork menghasilkan :
  • Pid    proses    child    yang    baru    ke    proses    parent,    hal    ini    sama    dengan memberitahukan proses parent nama dari child-nya
  • 0 : menunjukkan proses child
  • -1 : 1 jika terjadi error, fork() gagal karena proses baru tidak dapat dibuat.

3. System Call Wait

System call wait menyebabkan proses menunggu sinyal (menunggu sampai sembarang tipe sinyal diterima dari sembarang proses). Biasanya digunakan oleh proses parent untuk menunggu sinyal dari system operasi ke  parent  bila  child  diterminasi.  System call wait menghasilkan pid dari proses yang mengirimi sinyal. Untuk melihat dokumentasi wait gunakan perintah man 2 wait.

4. System Call Execl

Misalnya kita ingin proses baru mengerjakan sesuatu yang berbeda dari proses parent, sebutlah menjalankan program yang berbeda. Sistem call execl meletakkan program executable baru ke memory dan mengasosiasikannya dengan proses saat itu. Dengan kata lain, mengubah segala sesuatunya sehingga program mulai mengeksekusi dari file yang berbeda.

Baik teman-teman seperti itu adalah isi dari sekilas Makalah Sistem Operasi yang akan kami sharing pada kesempatan ini. Untuk teman-teman yang membutuhkan nya bisa mengunduh dengan klik link dibawah ini:

Unduh Makalah Melalui Google Drive

Atau bisa lihat Makalah di sini


Baik teman-teman cukup seperti itu yang bisa saya sampaikan, Terimakasih sudah membaca postingan ini. Semoga bermanfaat. Salam Semangat. Awonapa!

Tag Penelusuran

  • Makalah Process dan Management Process
  • Makalah Sistem Operasi
  • Makalah Sistem Operasi - Unix System Call & Manajemen Memory

Posting Komentar untuk "Makalah Sistem Operasi Unix System Call & Manajemen Memory"