Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar TJKT - Fundamental Server dan Firewall TJKT

Halo teman-teman, berikut ini adalah Pembahasan Lanjut dari Materi Elemen 4 yang membahas mengenai Orientasi Dasar. Berikut ini adalah Materi pada Orientasi Dasar TJKT dengan judul Dasar TJKT - Fundamental Server dan Firewall TJKT.

Dasar TJKT - Fundamental Server dan Firewall

Dasar TJKT - Orientasi Dasar TJKT Fundamental Server dan Firewall

Daftar Isi :

  • Pengenalan Komputer dan Jaringan
  • Pengertian Fundamental Server
  • Pengertian Firewall

1. Pengenalan Komputer dan Jaringan Dasar

Komputer dan Jaringan Dasar adalah hal yang selalu berkaitan satu sama lain. Pasalnya komputer saat ini lebih sering digunakan dalam melakukan banyak hal, tidak hanya menghitung saja.

Pengertian Komputer 

Komputer merupakan alat yang dipakai untuk mengolah data, pada awalnya komputer digunakan untuk melakukan perhitungan aritmatika, dengan semakin maju perkembangan teknologi dan saat ini sangat banyak perkembangan yang terjadi termasuk dari fungsi komputer itu sendiri.

Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. 

Jaringan Komputer

Jaringan Komputer merupakan dua atau lebih komputer yang saling terhubung antara satu sama lain dan dapat berbagi data dan komunikasi data. Jaringan komputer ini dibangun dengan kombinasi dari perangkat keras dan perangkat lunak.

2. Pengertian Fundamental Server

Pengertian Server

Server merupakan sebuah sistem komputer yang memiliki tugas untuk menyediakan layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

Server biasanya memiliki spesifikasi perangkat yang tinggi seperti Processor dan RAM, kemudian menggunakan SSD berguna untuk memberikan efesien yang baik pada Server tersebut. Selain itu Server juga biasanya menggunakan sistem operasi khusus. Seperti Windows Server atau pun Linux Server.

Belajar Linux untuk Pemula 

Contoh Server sederhana:

Kita bisa membuat server sederhana yaitu dengan cara membuat workstation sharing printer atau sharing folder pada sistem operasi windows. Tentu nya ada beberapa hal yang harus di konfigurasikan yang pasti nya berhubungan dengan Jaringan Komputer.

Fungsi Server

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari Server :

  • Melayani dan Bertanggung Jawab penuh terhadap permintaan data dari komputer klien.
  • Menyediakan berbagai macam resource untuk dapat digunakan semua komputer klien yang masuk dalam jaringan, baik itu berupa perangkat keras maupun perangkat lunak/aplikasi.
  • Bertanggung jawab dalam mengatur lalu-lintas data.
    Menyimpan berbagai file dan data untuk dapat diakses bersama-sama menggunakan protokol FTP.
  • Mengatur hak akses (permissions) ke dalam sebuah jaringan, sehingga tidak semua klien mampu mengakses data yang terdapat dalam komputer server.
  • Menyediakan aplikasi dan database yang mampu dijalankan di semua komputer klien.
  • Memberikan perlindungan untuk komputer klien dengan pemasangan firewall atau anti malware di komputer klien.
  1. Server Aplikasi
    Server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh client.
  2. Server Data  
    Server jenis ini di gunakan untuk menyimpan berbagai data , baik data yang belum diolah ataupun data yang sudah diolah menjadi informasi. data ini dapat di akses oleh client dengna bantuan aplikasi yang ada di server.
  3. Server Proxy  
    Server proxy berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proxy. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer client ke Internet.

Pada website ini terdapat meteri Administrasi Sistem Jaringan yang mengarah kedalam pembahasan Server, menggunakan Sistem Operasi Linux Debian.

Materi Administrasi Sistem Jaringan Kelas 11

Materi Administrasi Sistem Jaringan Kelas 12 

3. Pengertian Firewall

Firewall atau tembok api merupakan sistem keamanan jaringan komputer yang memiliki kemampuan untuk melindungi dari serangan virus, malware, spam dan lainya. Selain itu Firewall dapat dikatakan perangkat lunak untuk mencegah akses yang dianggap tidak halal dari jaringan pribadi.

Sehingga, tugas utama dari adanya firewall sendiri adalah untuk melakukan monitoring dan mengontrol semua akses masuk atau keluar koneksi jaringan berdasarkan aturan keamanan yang telah ditetapkan. 

Jika kita seorang pengguna perangkat yang terhubung ke internet, maka kita harus memperhatikan sistem keamanan pada perangkat kita, yaitu peran penting dari Firewall untuk menjaga keamanan lalu lintas pada jaringan yang terhubung ke perangkat.

Fungsi Firewall

  1. Melindungi Data dari Serangan dari Cyber Crime.
  2. Mampu memblokir konten yang tidak di inginkan.
  3. Untuk memonitoring Bandwidth.
  4. Firewall memfasilitasi untuk mengakses layanan VPN.

Jenis - Jenis Firewall

  1. Next Generation Firewall
    Next generation firewall terbagi menjadi tiga fitur utama, yaitu pengecekan detail paket, evaluasi sumber paket, serta penentuan penilaian identitas paket.

  2. Packet Filtering Firewall
    Jenis yang kedua adalah packet filtering firewall, merupakan tipe yang paling senior daripada jenis yang lainnya. Proses kerja dari jenis ini adalah dengan cara mengecek paket sistem tersebut. Proses pengecekan yang dilakukan meliputi validasi alamat IP, nomor port, tipe, dan kebutuhan yang lainnya.

  3. Proxy Firewall
    Proxy firewall sering juga disebut dengan application – level gateway yang bekerja dengan memproses nilai sumber paket beserta isinya.

  4. Stateful Inspection Firewall
    Stateful inspection firewall, dimana fungsi utamanya adalah untuk mengecek packet source dan membuka isi dari paket tersebut.

Baik untuk saat ini seperti itu materi yang bisa kami sampaikan, mengenai Materi Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi pada Orientasi Dasar TJKT .

Mohon maaf jika terdapat kesalahan, anda bisa memberikan masukan pada halaman kontak, ataupun pada kolom komentar.

Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan Terimakasih

Tag Penelusuran
  • Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.
  • Fundamental Server pada TJKT.
  • Orientasi Dasar pada Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.
  • Kumpulan Materi Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.

Posting Komentar untuk "Dasar TJKT - Fundamental Server dan Firewall TJKT"