Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sharing Koneksi Internet ke VirtualBox Dengan LAN

Halo teman-teman semua, selamat datang kembali pada Web Blog kami, yaitu Awonapa Jr. Pada kesempatan ini kita akan sharing mengenai Seri Belajar Virtualbox, Yaitu Sharing Koneksi Internet ke VirtualBox Dengan LAN.

Sharing Koneksi Internet ke VirtualBox Dengan LAN

Jika teman-teman sudah masuk ke dalam Artikel ini, berarti teman-teman sudah mengerti mengenai VirtualBox dan Bagaimana cara membuat mesin virtual yang akan dijadikan OS Virtual.

Kita bahas sekilas, bahwa VirtualBox adalah software atau aplikasi yang bersifat open source, yang biasanya berkaitan dengan Virtualisasi. Virtualbox bisa menjalankan beberapa sistem operasi sekaligus, seperti Windows, Linux, seperti Windows 7, 8, dan 10, dan Linux Ubuntu, Debian, Mint, Kali Linux dan lainya.

Namun banyak diantara kita pasti akan menggunakan OS Virtual beserta Internet nya, jadi kita bisa mengunduh seperti browser, ataupun update aplikasi seperti yang biasa dilakukan pada Linux.

List Materi

  1. Metode NAT  
  2. Metode Bridge Adapter

Cara Sharing Koneksi Internet ke VirtualBox Dengan LAN

Oiya sebelum melakukan Sharing Koneksi Internet ke VirtualBox, pastikan LAN teman-teman sudah terhubung ke Internet ya.

Metode NAT

Pada tahap pertama ini, kita akan menggunakan internet pada VirtualBox menggunakan Metode Adapter NAT dari VirtualBox nya.

Sebelumnya kita kenal sedikit mengenai NAT. | NAT sendiri adalah kepanjangan dari Network Address Translation. NAT pada Virtualbox biasanya dijadikan sebagai default dari Jaringan pada Sistem Operasi di Virtualbox. 

Inti nya NAT mentranslasikan alamat IP Private local untuk dapat alamat host di internet, dengan menggunakan IP Public Jaringan Tersebut. 

Tutorial NAT Pada VirtualBox

Baik teman-teman untuk pengenalan NAT sudah diatas ya, berikut nya adalah tutorial bagaimana cara agar dapat sharing Koneksi dengan OS yang ada di VirtualBox.

1. Pertama-tama buka virtualbox teman-teman, lalu klik sistem operasi yang akan dipilih, disini saya menggunakan sistem operasi windows 7 untuk pengetesan share koneksi.

Jika sudah klik sistem operasi yang dipilih, lalu klik Network seperti gambar dibawah ini.

OS Virtual Windows 7

2. Jika sudah, maka silahkan setting atau samakan seperti gambar dibawah ini, dan diatur sebagai NAT. Jika sudah sama, silahkan simpan, dengan cara klik OK.

Network VirtualBox

3. Berikutnya adalah Pengecekan, apakah berhasil mendapatkan Internet dari OS Asli atau Sistem Operasi yang ada di Laptop Kita.

Cek IP Pada Laptop / OS Asli

IP Laptop / OS Asli

Cek IP Pada Virtualbox / OS Virtual

IP Nat pada Virtualbox

Lalu Mengapa IP nya berbeda? Seperti penjelasan pada Nat tadi bahwa : NAT mentranslasikan alamat IP Private local untuk dapat alamat host di internet, dengan menggunakan IP Public Jaringan Tersebut.

Kesimpulan

Cara sharing koneksi menggunakan NAT berhasil, hanya saja terdapat perbedaan pada IP Address OS Virtualbox dan IP Address pada OS di Laptop. Sesuai dengan penjelasan mengenai NAT tadi yaitu NAT mentranslasikan alamat IP Private local untuk dapat alamat host di internet, dengan menggunakan IP Public Jaringan Tersebut.

Metode Bridge-Adapter

Berikutnya yaitu Bridge Adapter, pada jenis jaringan ini, OS di dalam Virtual atau di VirtualBox dapat melakukan komunikasi data melalui adapter pada OS yang asli. 

Jadi seolah-olah OS pada Virtualbox dan OS Asli terhubung dengan LAN fisik yang sama, sehingga IP Address pada OS Virtual dan IP Address pada OS Asli memiliki Network yang sama. 

Seperti Contoh Pada Laptop IP Address yang di dapatkan : 192.168.10.20/24 maka pada sistem operasi di virtualbox mendapatkan IP Address 192.168.10.21/24.

Tutorial Bridge Adapter Pada VirtualBox

Baik teman-teman untuk pengenalan Bridge Adapter sudah diatas ya, berikut nya adalah tutorial bagaimana cara agar dapat sharing Koneksi dengan OS yang ada di VirtualBox.

1. Pertama-tama buka virtualbox teman-teman, lalu klik sistem operasi yang akan dipilih, disini saya menggunakan sistem operasi windows 7 untuk pengetesan share koneksi.

Jika sudah klik sistem operasi yang dipilih, lalu klik Network seperti gambar dibawah ini.

 OS Virtual Windows 7

2. Jika sudah, maka silahkan setting atau samakan seperti gambar dibawah ini, dan diatur sebagai Bridge Adapter. Jika sudah sama, silahkan simpan, dengan cara klik OK.

Bridge Adapter VirtualBox
Perlu diperhatikan, pada pilihan Name itu disesuaikan pada LAN teman-teman sekalian, biasanya untuk LAN itu terdeteksi dengan nama Realtek PCIe Family Controller. Jika sudah klik OK.

3. Berikutnya adalah Pengecekan, apakah berhasil mendapatkan Internet dari OS Asli atau Sistem Operasi yang ada di Laptop Kita.

Cek IP Pada Laptop / OS Asli

IP Laptop / OS Asli

Cek IP Pada Virtualbox / OS Virtual

Hasil Bridge Adapter Client

Selain itu teman-teman juga bisa melakukan ping antar OS Virtual maupun OS Asli, namun harus mematikan Windows Firewall terlebih dahulu. Contoh dibawah ini adalah ping dari OS Asli ke Virtual.

Ping Guest to Host

Kesimpulan

Teman-teman bisa lihat pada gambar diatas, adalah hasil dari percobaan dengan metode Bridge Adapter. Dapat dilihat bahwa untuk IP Address masih dalam 1 Network. Sesuai dengan maksud dari Bridge Adapter yaitu IP Address pada OS Virtual dan IP Address pada OS Asli memiliki Network yang sama.

Baik teman-teman, cukup seperti itu untuk Seri Belajar Virtualbox, Yaitu Sharing Koneksi Internet ke VirtualBox Dengan LAN. InsyaAllah Untuk List Seri Belajar ini akan di update lagi sesuai dengan artikel yang di post mengenai Virtualbox ya. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kita semua.

Sekian dan Terimakasih.

Tag Penelusuran
  • Seri Belajar VirtualBox
  • Mempelajari VirtualBox
  • Sharing Internet
  • Jenis Jaringan Virtualbox

Posting Komentar untuk "Sharing Koneksi Internet ke VirtualBox Dengan LAN"