Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Network pada VirtualBox - NAT, Bridge Adapter, Internal Network, Host-Only Adapter

Halo teman-teman semua, selamat datang kembali pada Web Blog kami, yaitu Awonapa Jr. Pada kesempatan ini kita akan sharing mengenai Seri Belajar Virtualbox, Yaitu Network pada VirtualBox - NAT, Bridge Adapter, Internal Network, Host-Only Adapter.

Network pada VirtualBox - NAT, Bridge Adapter, Internal Network, Host-Only Adapter

Oracle VM Virtualbox atau VirtualBox adalah software atau aplikasi yang bersifat open source, yang biasanya berkaitan dengan Virtualisasi. Virtualbox bisa menjalankan beberapa sistem operasi sekaligus, seperti Windows, Linux, seperti Windows 7, 8, dan 10, dan Linux Ubuntu, Debian, Mint, Kali Linux dan lainya.

Oracle VM Virtualbox atau VirtualBox memiliki berbagai macam tools atau kegunaan untuk Virtualisasi, namun pada kesempatan ini, kita akan membahas secara khusus mengenai Network pada VirtualBox diantaranya adalah NAT, Bridge Adapter, Internal Network, Host-Only Adapter. Masing-masing istilah NAT, Bridge Adapter, Internal Network, Host-Only Adapter, memiliki kegunaan yang berbeda-beda. 

Dan berikut ini, kita akan mencoba membedah maksud dan kegunaan dari masing-masing jenis Jaringan yang ada pada Virtualbox, meliputi pengertian NAT, Bridge Adapter, Internal Network, Host-Only Adapter, Cloud Networking, dan Not Attached.

Pengertian NAT, Bridge Adapter, Internal Network, Host-Only Adapter, Cloud Networking, dan Not Attached.

Pengertian NAT (Network Address Translation)

NAT VirtualBox

NAT sendiri adalah kepanjangan dari Network Address Translation. NAT pada Virtualbox biasanya dijadikan sebagai default dari Jaringan pada Sistem Operasi di Virtualbox. 

NAT yaitu proses pemetaan alamat IP Address, jaringan komputer akan memberikan IP Public ke perangkat jaringan lokal, sehingga IP Private pada jaringan komputer lokal, bisa mengakses ke IP Public, dan juga Bisa mendapatkan Internet.

Inti nya NAT mentranslasikan alamat IP Private local untuk dapat alamat host di internet, dengan menggunakan IP Public Jaringan Tersebut.

Pengertian Bridge Adapter

Bridge Adapter Network VirtualBox

Berikutnya yaitu Bridge Adapter, pada jenis jaringan ini, OS di dalam Virtual atau di VirtualBox dapat melakukan komunikasi data melalui adapter pada OS yang asli. 

Jadi seolah-olah OS pada Virtualbox dan OS Asli terhubung dengan LAN fisik yang sama, sehingga IP Address pada OS Virtual dan IP Address pada OS Asli memiliki Network yang sama.

Contoh seperti ini, jika jaringan laptop anda dengan IP 192.168.30.1/24, maka kemungkinan OS Virtual akan mendapat Network yang sama. Seperti 192.168.30.10 ataupun seterusnya. Dan Keduanya bisa saling Ping.

Pengertian Internal Network

Internal Network Pada Virtualbox

Internal Network, atau Jaringan Internal adalah jenis jaringan yang ada pada Virtualbox, yang bisa menghubungkan setiap OS Virtual pada VirtualBox. Jadi jika terdapat 2 atau pun 3 OS pada Virtualbox maka bisa saling berkomunikasi. Biasanya untuk jenis jaringan ini saya gunakan untuk mencoba Client-Server, contoh:

Untuk Sistem Operasi Debian, saya gunakan sebagai Server, dan pada Adapter 2 dijadikan Internal Network, dan pada Client Windows, pada Adapter 1 di setting juga sebagai Internal Network. 

Maka secara otomatis keduanya bisa saling terhubung, sebagai contoh seperti Server DHCP pada Debian.

Baca Instalasi dan Konfigurasi DHCP Server pada Linux Debian

Pengertian Host-Only Adapter

Host-Only Adapter

Pada jenis Host-Only Adapter ini, komputer atau OS Virtual dapat berkomunikasi dengan Host atau OS Asli pada Laptop. Seolah-olah kedua OS ini terhubung pada jaringan LAN Fisik yang sama.

Hal ini sering saya gunakan untuk pengujian antara OS Virtual, dan OS pada Laptop Fisik saya, karena pada Host-Only Adapter terdapat, Ethernet sendiri pada Laptop atau Sistem Operasi kita.

host only adapter pada laptop

Pengertian Cloud Network

Cloud Network

Secara umum, penjelasan Cloud Network yaitu proses pengolahan daya komputasi, termasuk CPU, RAM, Network dan lainya, yang dilakukan melalui jaringan. Di dalam virtualbox sendiri, jenis jaringan ini masih dalam eksperimen, jadi masih dalam percobaan, namun jika teman-teman penasaran, maka teman-teman dapat mencoba nya.

Pengertian Not Attached (tidak terpasang / terlampir)

Not Attached Virtualbox

Sedangkan untuk pengertian Not Attached jika dilihat dari artinya saja sudah mengetahuinya, yaitu dimana OS pada Virtualbox tidak terhubung dengan Jaringan, atau jika secara realnya tidak memiliki LAN Card.

Kesimpulan

Dapat dilihat dari penjelasan diatas, masing masing Jenis Jaringan pada Virtualbox memiliki kegunaan yang berbeda-beda mulai dari  NAT, Bridge Adapter, Internal Network, Host-Only Adapter.

  • NAT (Menghubungkan OS Virtual dan OS Asli dengan IP yang berbeda )
  • Bridge Adapter ( Menghubungkan OS Virtual dan OS Asli seolah satu LAN Fisik )
  • Internal Network ( Menghubungkan Antar OS pada Virtualbox )
  • Host-only Adapter ( Menghubungkan OS Virtual dan Asli dengan Adapter yang ada pada Laptop kita )
  • Cloud Network ( Pengolahan daya komputasi jarak jauh melalui jaringan )
  • Not Attached ( OS Virtual tidak terhubung dengan Network Interface atau tidak memiliki LAN Card )

Baik teman-teman, cukup seperti itu untuk Seri Belajar Virtualbox, Yaitu Network pada VirtualBox - NAT, Bridge Adapter, Internal Network, Host-Only Adapter.. InsyaAllah Untuk List Seri Belajar ini akan di update lagi sesuai dengan artikel yang di post mengenai Virtualbox ya. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kita semua.

Sekian dan Terimakasih

Tag Penelusuran
  • Seri Belajar VirtualBox
  • Mempelajari VirtualBox
  • Mengenal VirtualBox
  • Jenis Jaringan Virtualbox

Posting Komentar untuk "Network pada VirtualBox - NAT, Bridge Adapter, Internal Network, Host-Only Adapter"