Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial UKK RPL Paket 3 - Mempersiapkan Template Website

Selamat datang di tutorial lengkap untuk Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) RPL Paket 3! Dalam serangkaian artikel ini, kami akan membimbing Anda melalui proses mempersiapkan template web untuk proyek UKK Anda. Berikut merupakan Tutorial UKK RPL Paket 3 - Mempersiapkan Template Website.

Mempersiapkan Template Website

Mempersiapkan Template untuk Website Galeri Foto

Daftar Isi:

  • Mengenal Template Website
  • Argon Dashboard
  • Unduh dan Ekstrak Template

1. Mengenal Template Website

Template website adalah kerangka kerja atau struktur dasar yang digunakan untuk merancang dan mengembangkan sebuah situs web. Template ini sudah memiliki desain yang telah dipersiapkan sebelumnya, termasuk tata letak, elemen-elemen grafis, dan seringkali juga fungsi-fungsi dasar.

Tujuan dari penggunaan template website adalah untuk mempercepat proses pembuatan situs web dengan menyediakan kerangka dasar yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Dengan menggunakan template, pengembang web tidak perlu membuat desain dari awal, melainkan dapat memilih dari berbagai pilihan desain yang telah tersedia.

Nah disini kita akan menggunakan template dashboard dari Argon Dashboard, sebenarnya ada banyak template lainnya, tapi disini saya akan menggunakan dashboard dari argon ya guys.

2. Argon Dashboard

Argon Dashboard adalah salah satu tema atau template untuk dashboard web yang dikembangkan menggunakan kerangka kerja Bootstrap oleh Creative Tim. Template ini dirancang untuk digunakan oleh pengembang web dan desainer dalam membangun aplikasi web berbasis dashboard yang responsif dan modern.

argon dashboard page

Kita akan menggunakan template Argon Dashboard menyediakan berbagai komponen siap pakai, seperti grafik, tabel, elemen formulir, serta berbagai elemen UI lainnya, yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuat dan menyesuaikan dashboard sesuai dengan kebutuhan mereka. Template ini juga dilengkapi dengan berbagai halaman contoh dan layout yang dapat digunakan sebagai titik awal untuk membangun aplikasi web yang kompleks.

Dashboard Argon

Selain itu, Argon Dashboard juga menawarkan integrasi dengan beberapa plugin dan alat populer, seperti Chart.js, DataTables, dan Font Awesome, yang memperluas fungsionalitas dan kustomisasi yang tersedia bagi pengguna.

Tapi untuk membuat galeri foto saya menggunakan beberapa tambahan lain..  

3. Unduh dan Ekstrak Template

Untuk menggunakan template Argon Dashboard kita perlu mengunduh terlebih dahulu sebelum menguggunakan nya. Untuk unduh template argon kita bisa langsung unduh saja di halaman github creativetim, berikut merupakan tautan nya: 

Download Argon Dashboard 

Setelah selesai mengunduh, lakukan ekstrak pada file tersebut dan coba ditampilkan di browser.

ukuran berkas kurang lebih 30Mb, tapi itu file besar ada di folder assets/img, anda bisa menghapus file tersebut sesuai kebutuhan.

file size img

Silahkan buka file index.html yang ada di dalam folder argon dashboard master, dan tampilkan di browser untuk melihatnya.

Pindahkan ke dalam folder htdocs

Setelah selesai mencoba, pindahkan file yang dibutuhkan ke dalam folder xampp/htdocs. Tidak semua file harus di pindahkan, kurang lebih sebagai berikut perlu dipindahkan ke dalam folder xampp/htdocs.

  • file index.html
  • file gulpfile.js
  • folder assets
  • folder docs
  • folder pages

Pindahkan semua file tersebut ke dalam folder di xampp/htdocs/folder-project-anda.

Pada folder pages tidak semua akan kita gunakan, dan kita harus custom, seperti sign-in, sign-up, tables dan sebagainya.

Posting Komentar untuk "Tutorial UKK RPL Paket 3 - Mempersiapkan Template Website"