Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahapan Mengerjakan UKK RPL Paket 3

Menghadapi Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) pada mata pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah momen penting bagi siswa jurusan RPL. UKK Paket 3 menjadi titik puncak perjalanan pembelajaran, di mana siswa menunjukkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam membangun aplikasi perangkat lunak yang kompleks.  

Tahapan Mengerjakan UKK RPL Paket 3

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi langkah-langkah penting yang diperlukan dalam mengerjakan UKK RPL Paket 3, dengan fokus pada pembangunan sebuah aplikasi galeri foto. Dari perencanaan hingga pengujian, kita akan membahas setiap tahapan secara mendalam, memberikan wawasan berharga bagi siswa yang akan menjalani ujian serupa dan memberikan panduan bagi pembelajaran yang efektif dalam rekayasa perangkat lunak. Segera temukan panduan komprehensif ini untuk mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi tantangan UKK RPL Paket 3!

Panduan Mengerjakan UKK RPL Paket 3

Daftar Isi :

  1. Soal UKK RPL Paket 3
  2. Persiapan Mengerjakan UKK
  3. Tahapan Pengerjaan UKK

1. Soal UKK RPL Paket 3

Pada UKK RPL Paket 3 anda akan ditugaskan untuk membuat sebuah aplikasi website dengan studi kasus aplikasi galeri foto. Berikut ini merupakan Soal UKK RPL Paket 3 yang sudah disederhanakan sehingga dapat memudahkan dalam penjelasan tahapannya.

Langkah Kerja : 

  1. Buatlah daftar kebutuhan teknis dan spesifikasi perangkat yang dibutuhkan pada lembar yang disediakan !
  2. Siapkan perlatan dan bahan yang diperlukan sesuai dengan daftar peralatan !
  3. Instalah text editor dan software pendukung lainnya yang digunakan untuk memprogram aplikasi website galeri foto!
  4. Interpretasikan spesifikasi program yang diberikan
    • Aplikasi berbasis sistem client-server
    • Aplikasi dapat dibuat berbasis desktop, web atau perangkat bergerak
    • Aplikasi menggunakan user untuk login dan register.
  5. Buatlah Desain Interface
  6. Fitur minimal dalam aplikasi dan privilege sesuai dengan role user.

    Fitur

    User

    Login

    X

    Logout

    X

    Registrasi

    X

    Data Foto/galery

    X

    Hapus Foto

     

    Tambah Foto

    X

2. Persiapan Mengerjakan UKK

Dalam proses pengerjaan UKK RPL Paket 3 dengan studi kasus pembuatan Aplikasi Galeri Foto ada beberapa hal yang harus dipersiapan dimulai dari aplikasi yang akan digunakan dan service layanan yang akan digunakan. Berikut ini merupakan hal yang harus dipersiapkan:

  1. Perangkat Komputer / Laptop yang pastinya ada :).
  2. Aplikasi XAMPP
    Aplikasi XAMPP merupakan sebuah software web server yang digunakan untuk mengembangkan dan merancang situs website pada server lokal.
  3. Aplikasi Text Editor
    Aplikasi ini yang akan digunakan untuk menulis kode dan melakukan pembuatan halaman website, beberapa aplikasi yang dapat digunakan yaitu, notepad++, sublime text, atau visual studio code.
  4. Browser
    Browser yang akan digunakan untuk menampilkan halaman website yang sudah di ketik sebelumnya.
  5. Data Dummy
    Data Dummy atau data sampling yang akan digunakan untuk mengisi data di dalam table atau galeri foto tersebut.

Kurang lebih untuk yang dipersiapkan adalah seperti itu.

3. Tahapan Pengerjaan UKK

Setelah melakukan proses persiapan, termasuk perangkat dan software yang akan digunakan berikut ini merupakan tahapan pengerjaan UKK RPL Paket 3.

  1. Mempersiapkan Template Website
    Untuk mempermudah dalam pembuatan website sesuai dengan tugas, biasanya kita akan menggunakan template dengan tujuan mempermudah dalam pembuatan website. Seperti template login, registrasi ataupun data data yang akan ditampilkan.

  2. Menggunakan Template Website
    Setelah ekstrak template, lakukan pemindahan css, javascript dan sebagainya yang akan digunakan sebagai asset untuk halaman website tersebut. Seperti contoh pindahkan halaman login.php ke dalam folder htdocs yang digunakan beserta asset css dan javascript.

  3. Aktifkan service pada XAMPP termasuk Apache, MySQL.

  4. Membuat Database
    Setelah mempersiapkan halaman website berikutnya buatkan database pada localhost/phpmyadmin, dengan syarat apache dan mysql sudah jalankan. Jika sudah silahkan buat database yang akan digunakan untuk tugas aplikasi galeri foto.

  5. Membuat Koneksi Database
    Pembuatan koneksi database atau biasanya koneksi.php yang akan digunakan untuk menghubungkan ke database.

  6. Membuat Fungsi Registrasi
    Setelah halaman website terhubung dengan koneksi ke database berikutnya tahap pertama agar kita bisa implementasi autentikasi pada website tersebut, maka kita buat dahulu untuk registrasi nya. Silahkan dibuat registrasi.php yang isinya adalah fungsi buat data user ke dalam database atau table user.

  7. Membuat Fungsi Login dan Logout
    Ketika user sudah di registrasi berikutnya, kita harus membuat sebuah halaman login dan tombol logout. Buat juga untuk fungsi login dan logout dengan tujuan untuk menguji proses autentikasi pada website aplikasi galeri foto.

  8. Membuat Fungsi CRUD
    Berikutnya buatkan fungsi CRUD (Create, Read, Update dan Delete) pada masing-masing fungsi yang meliputi data foto, galeri nama file dan sebagainya.

Kesimpulan

Dari judul pembahasan Tahapan Mengerjakan UKK RPL Paket 3 dapat disimpulkan bahwa proses pengerjaan UKK RPL Paket 3 ini memiliki beberapa hal yang harus dipersiapkan termasuk perangkat keras kemudian template website serta software yang digunakan dan juga layanan service nya. Setelah itu baru proses pembuatan website bisa dilanjutkan dengan mengikuti soal yang ada.

Posting Komentar untuk "Tahapan Mengerjakan UKK RPL Paket 3"