Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Discovered Currently Not Indexed

Dalam melakukan Aktivitas Menulis Blog, pasti ada saja kendala. Termasuk salah satunya dalam proses index pada search engine. Masalah Seperti Googlebot terdapat kendala dengan pesan Discovered – currently not indexed. Pada kesempatan ini, kita akan mencoba untuk membahas mengenai Discovered – currently not indexed.

Mengatasi Discovered – currently not indexed

Membahas Discovered Currently Not Indexed

Daftar Isi 

  • Apa itu Discovered - Currently Not Indexed
  • Cara Melihat Discovered - Currently Not Indexed
  • Penyebab Terjadi Discovered - Currently Not Indexed
  • Proses Index pada Googlebot
  • Cara Mengatasi Discovered - Currently Not Indexed
  • Kesimpulan 

Apa itu Discovered - Currently Not Indexed

Discovered - Currently Not Indexed dalam bahasa Indonesia berarti ditemukan - saat ini tidak diindeks,  yang inti nya saat ini url artikel milik kita sudah di temukan oleh robot google, namun tidak di indeks pada sistem google. Mungkin beberapa penyebab yang bisa menjadi penghambat dari masalah ini.

Jika di ambil penjelasan dari halaman support google, maka pesan yang muncul adalah seperti ini  

Discovered - currently not indexed: The page was found by Google, but not crawled yet. Typically, Google wanted to crawl the URL but this was expected to overload the site; therefore Google rescheduled the crawl. This is why the last crawl date is empty on the report.

Atau jika dalam bahasa Indonesia dapat diartikan

Ditemukan - saat ini tidak diindeks: halaman ditemukan oleh google, tetapi belum dirayapi. biasanya, google ingin merayapi url tetapi ini diperkirakan akan membebani situs; oleh karena itu google menjadwal ulang perayapan. inilah mengapa tanggal perayapan terakhir kosong pada laporan.

Jadi robot google khawatir katanya, takut membebani situs. Namun disini situs atau artikel yang saya publish tidak terlalu berat, bahkan hanya sedikit gambar dan kebanyakan adalah teks biasa. 

Jadi bagaimana menurut teman-teman??

Cara Melihat Discovered - Currently Not Indexed

Untuk melihat berapa url artikel kita yang terdapat masalah Discovered - Currently Not Indexed, teman-teman dapat mengikuti cara berikut ini :

  • Silahkan buka google search console milik teman-teman, lalu klik Coverage.
  • klik pada pilihan All Known Pages
  • dan ganti dengan url sitemap.xml milik teman-teman.

Coverage Google Console

  • Terdapat menu Excluded silahkan di klik. Dan pada Details akan ada Discovered - Currently Not Indexed
Excluded Coverage not indexed

  • Berikutnya akan ada informasi, mengenai URL yang saat ini tidak di indeks oleh robot google.
URL Not Indexed

Penyebab Terjadi Discovered - Currently Not Indexed

Jika dibaca dari penjelasan halaman support google, seperti informasi dibawah ini :

Ditemukan - saat ini tidak diindeks: halaman ditemukan oleh google, tetapi belum dirayapi. biasanya, google ingin merayapi url tetapi ini diperkirakan akan membebani situs; oleh karena itu google menjadwal ulang perayapan. inilah mengapa tanggal perayapan terakhir kosong pada laporan
  • Jika dilihat dari informasi kalimat akan membebani situs, berarti disini kemungkinan artikel kita memliki beban yang berat untuk situs, apakah begitu?

  • Jika teman-teman menggunakan Wordpress, Selain itu juga ini bisa jadi berpengaruh ke pluggin SEO yang teman-teman install. Jika memiliki kemungkinan seperti itu, sebaiknya teman-teman cek kembali apakah ada kesalahan atau tidak.

  • Selain itu, file robot.txt Anda juga bisa menjadi salah satu penyebab tidak terindeksnya postingan blog. saya sarankan Anda mengklik halaman web individual di webmaster dan dengan demikian menjalankan 'test live url' dan 'test robot.txt' untuk lebih jelasnya.

Mungkin teman-teman memiliki hipotesis lain? Silahkan utarakan pada kolom komentar ya.

Proses Index pada Googlebot

Setelah membaca dari berbagai Forum, orang-orang disana berkata, bahwa proses indeks artikel dengan menggunakan googlebot, dapat memakan waktu yang bervariasi.

Mungkin ada yang hanya beberapa menit, beberapa jam, beberapa hari, bahkan bisa memakan waktu 1 bulan. 

Selain itu teman-teman juga dapat memungkinkan supaya artikel cepat terindeks oleh googlebot dengan cara mendaftarkan ke Google News, cara ini dipercaya oleh teman-teman di beberapa forum untuk mempercepat proses indeks artikel pada google.

Sebenarnya ini mengkhawatirkan, dan bisa menjadi penyebab saya menunda tulisan, karena jika tidak muncul di google search rasanya tidak nyaman wkwk.

Cara Mengatasi Discovered - Currently Not Indexed

Jadi seperti ini, beberapa waktu yang lalu saya mencoba mengatasi dengan cara mengganti url yang lama ke url yang baru. Cara ini berhasil, namun di minggu berikutnya cukup sulit.

Cara mengganti URL lama ke URL baru

  • Buka Postingan pada dashboard blog teman-teman
  • Jika sudah terpublish, silahkan ubah menjadi draft.
  • Pada Menu Permalink, silahkan teman-teman ubah secara manual

Berikutnya beberapa orang menyarankan agar membuat artikel dengan syarat sebagai berikut supaya lebih cepat di indeks oleh googlebot

Supaya lebih cepat di indeks googlebot

  • Hindari judul seperti crack, atau hack (beberapa orang berhasil walaupun dengan title seperti itu).
  • Menulis minimal 1000 kata pada artikel (beberapa artikel pada blog ini dibawah 1000 kata).
  • Mempublish 2-3 artikel perhari, dengan terjadwal seperti di jeda 2 - 3 jam per postingan.
  • Gunakan gambar dan link pada postingan.

Lakukan crawling ulang?

Apakah dengan melakukan crawling ulang, artikel kita akan di indeks oleh googlebot lebih cepat? Ternyata jawabannya adalah tidak.

Begini penjelasan dari google search console.

URL was added to a priority crawl queue. Submitting a page multiple times will not change its queue position or priority.

url telah ditambahkan ke antrian perayapan prioritas. mengirimkan halaman beberapa kali tidak akan mengubah posisi antrian atau prioritasnya.

Test Live URL

Namun teman-teman tidak perlu khawatir, karena jika ketika kita melakukan Test Live URL bertanda hijau. Maka kemungkinan besar artikel blog teman-teman sekalian akan tetap terindeks, dan ini masalah waktu. 

Cara Test Live URL

  • Buka Search Console milik teman-teman
  • Lakukan Inspect url pada kolom yang disediakan
  • Masukkan url dan lakukan crawling
  • Jika belum terindeks oleh google, maka tampilannya seperti dibawah ini

    Artikel Not Indexed
  • Berikutnya, silahkan klik Test Live URL, dan jika hasilnya adalah seperti gambar dibawah ini, teman-teman bisa cukup lega, dan tidak terlalu khawatir.

    Test Live URL

Kesimpulan

Mengenai Discovered Currently Not Indexed, penyebab nya bisa jadi halaman artikel terlalu berat, atau juga url yang duplikat sehingga googlebot tidak mengindeks nya dulu. Untuk mengatasi sesuai dengan cara yang saya lakukan yaitu mencoba mengganti URL dan melakukan indeks ulang.

Jika masih belum berhasil, silahkan teman-teman cek Test Live URL, jika hasilnya hijau. Maka teman-teman bisa cukup tenang, karena kemungkinan googlebot akan mengatur jadwal untuk melakukan indeks ulang.

Baiklah teman-teman, cukup seperti itu untuk Sharing mengenai Pengalaman Dunia Blogger, Yaitu membahas Mengatasi Discovered Currently Not Indexed InsyaAllah postingan ini akan di update lagi sesuai dengan artikel yang di post mengenai. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kita semua.

Sekian dan Terimakasih

Tag Penelusuran
  • Discovered Currently Not Indexed
  • Ditemukan - saat ini tidak diindeks
  • Google Search Console

6 komentar untuk "Mengatasi Discovered Currently Not Indexed"

  1. makasih min. tapi masih binggung liat blog sendiri. padahal udah sesuai SEO tapi, gak bisa.mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung, sebelumnya saya juga cukup meresahkan dengan hal tersebut, namun coba ditunggu saja, soalnya mesin google membutuhkan waktu, atau juga saya pakai cara ubah link, lalu redirect ke link yang lama seperti itu mas.

      #cmiiw

      Hapus
  2. saya sedang mengalami ini gan...bahkan jumlah postingan yang dikecualikan separuh lebih dari total postingan saya.padahal artikel unique

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah saya ngelakuin hal diatas cukup lumayan berhasil si bang. ada yang bilang untuk indeks waktu nya berbeda-beda gitu. cuma akhir-akhir ini alhamdulillah lancar :)

      Hapus
  3. Karena hal ini, hasrat saya buat nulis jadi semakin turun drastis.

    BalasHapus
  4. Hai, Mas. Artikel mas sangat berarti bagi saya, semoga masalah saya pun bisa segera selesai, mengingat saya ingin tulisan saya terindex google. Oh ya, jika berkenan mari mampir ke blog saya, perjamuankhongguan.blogspot.com, Terimakasih.

    BalasHapus