Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat VirtualBox Full Screen untuk Windows 7, 8, 10

Halo teman-teman semua, selamat datang kembali pada Web Blog kami, yaitu Awonapa Jr. Pada kesempatan ini kita akan sharing mengenai Seri Belajar Virtualbox, Yaitu membahas Cara membuat VirtualBox Full Screen untuk Windows 7, 8, 10.

Cara membuat VirtualBox Full Screen untuk Windows 7, 8, 10

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas mengenai bagaimana cara untuk menginstall VirtualBox Guest Additions, VirtualBox Guest Additions adalah tools atau driver tambahan yang diberikan oleh VirtualBox yang memiliki fungsi antara lain Antara lain yaitu fitur-fitur shared folders, shared clipboard, integrasi mouse, menambah kualitas grafik, drag n drop dan masih banyak lainya.

Cara membuat VirtualBox Full Screen

Install VirtualBox Guest Additions

Pertama-tama cara membuat VirtualBox Full Screen di Windows adalah dimulai dengan menginstall VirtualBox Guest Addition. Berikut ini adalah cara instalasi VirtualBox Guest Additions.

1. Jalankan Sistem Operasi di VirtualBox

Pastikan bahwa sistem operasi yang akan di install VirtualBox Guest Additions sudah ada di dalam VirtualBox, sehingga kita dapat langsung memasang VirtualBox Guest Additions nya.

Lakukan start pada mesin virtual tepatnya pada windows nya, jika sudah silahkan tunggu hingga booting selesai. Tahap berikutnya yaitu memasukkan Guest Additions Image nya.

install vbox guest di windows 7

2. Insert Guest Additions Image

Tahap berikutnya yaitu menginsert atau memasukkan Guest Additions Image CD, cara nya yaitu klik Devices >> Insert Guest Additions CD Image, atau teman-teman bisa melihat gambar dibawah ini:

Insert Guest Additions CD Image

Jika sudah , silahkan tunggu beberapa saat hingga muncul pop up auto run dari windowsnya. Seperti gambar dibawah ini

Auto run Guest Additions CD Image

Jika tidak tampil seperti gambar diatas, maka teman-teman dapat membuka secara manual dengan cara membuka windows explorer, lalu pilih CD Drive (D:) Virtualbox Guest Additions Image. Seperti gambar dibawah ini

Membuka Windows Explorer

Menjalankan VBox Guest

Jika sudah, klik dua kali pada CD Drive (D:) Virtualbox Guest Additions Image.

3. Install VirtualBox Guest Additions Image

Tahap berikutnya, ketika Virtualbox Guest Additions Image sudah terdeteksi dan sudah di klik 2 kali , maka berikutnya adalah tahap instalasi.

Jika sudah di klik 2 kali, atau dijalankan maka akan tampil pada windows kita seperti ini, maka pilih YES

Install VirtualBox Guest Additions Image

Berikutnya akan ada tampilan Welcome dari Oracle VBox Guest nya, dan langsung saja klik NEXT.

Install VirtualBox Guest Additions Image 1

Jika sudah, berikutnya yaitu kita akan diperintahkan untuk memilih tempat instalasi VBox Guest nya, disini biarkan saja default lalu NEXT.

VBox Select Destination Install

Jika sudah, kita akan memilih komponen yang akan di install, disini saya memilih semua, atau menceklis semua, lalu klik install.

Choose Component Install VBox Guest

Berikutnya yaitu, terdapat pertanyaan, apakah kita akan menginstall software ke perangkat kita, disini saya ceklis untuk selalu mengijinkan dan lalu klik INSTALL.

Install Software VBox to Device

Jika sudah, silahkan tunggu hingga instalasi selesai.

Proses VirtualBox Guest Additions

Setelah selesai install, maka kita disarankan untuk merestart windows kita, jika begitu langsung saja pilih Reboot Now, dan Finish.

Finish Install VirtualBox Guest Additions

Jika sebelum menginstall VirtualBox Guest Additions, tampilan windows pada Virtualbox tidak lah fullscreen. Namun sesudah selesai menginstall VirtualBox Guest Additions, tampilan desktop windows kita mengikuti scale sesuai yang kita atur, seperti gambar dibawah ini merupakan fitur setelah Finish Install VirtualBox Guest Additions.

Windows Full Screen VirtualBox

Selain Full Screen ketika sudah menginstall VirtualBox Guest Additions sistem operasi windows yang ada di VirtualBox akan mengikuti ukuran dari layar scale yang kita atur, seperti gambar dibawah ini :

Atau jika dalam istilah website, ini disebut dengan RESPONSIVE.

Responsive Windows VirtualBox

Responsive Windows VirtualBox 1

Responsive Full Screen Windows VirtualBox

Kesimpulan

Cara membuat VirtualBox Full Screen untuk Windows 7, 8, 10 caranya adalah sama, dimulai dengan menginstall Install VirtualBox Guest Additions Di Windows, setelah itu restart windwos kita. dan Selesai..

Baiklah teman-teman, cukup seperti itu untuk Seri Belajar Virtualbox, Yaitu Cara membuat VirtualBox Full Screen untuk Windows 7, 8, 10.. InsyaAllah Untuk List Seri Belajar ini akan di update lagi sesuai dengan artikel yang di post mengenai Virtualbox ya. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kita semua.

Sekian dan Terimakasih

Tag Penelusuran
  • Seri Belajar VirtualBox
  • Install VirtualBox Guest Additions
  • Full Screen VirtualBox
  • Windows Full Screen VirtualBox

Posting Komentar untuk "Cara membuat VirtualBox Full Screen untuk Windows 7, 8, 10"