Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Process dan Management Process

Halo teman-teman semua, selamat datang kembali pada Web Blog kami, yaitu Awonapa Jr. Pada kesempatan ini kita akan sharing mengenai Sistem Operasi, Yaitu membahas Makalah Process dan Management Process.

Makalah Process dan Management Process

Sekilas Mengenai Isi Makalah

Kata Pengantar

Puji dan syukur penulis hanturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya pembuatan makalah yang berjudul “Praktikum Sistem Operasi Process and Management Process”
Makalah ini saya susun sebagai mata kuliah Sistem Operasi. Mohon maaf apabila ada ketidaksempurnaan dalam pembuatan makalah ini. Penulis menyadari bahwa pembuatan tugas akhir ini masih memiliki kekurangan. Oleh karna itu, saran dan kritik dari pembaca sangat kami butuhkan.

Pengertian Proses

Proses adalah sebuah program yang sedang dieksekusi atau program yang sedangdi jalankan atau software yang sedang dilaksanakan termasuk sistem operasi yang disusun menjadi sejumlah proses sequential.Sedangkan program adalah kumpulan instruksi yang ditulis ke dalam bahasa yang dimengerti sistem operasi. Proses berisi instruksi dan data. program counterdan semua register pemroses, dan stackberisi data sementara seperti parameter rutin, alamat pengiriman dan variabel-variabel lokal.

Sistem operasi mengelola semua proses di sistem dan mengalokasikan sumber daya ke proses-proses sesuai kebijaksanaan untuk memenuhi sasaran sistem. Salah satunya adalah program yang sedang dieksekusi yang merupakan unit kerja terkecil yang secara individu memiliki sumber daya-sumber daya dan dijadwalkan sistem operasi. Sistem operasi mengelola semua proses di sistem dan mengalokasikan sumber daya ke proses-proses sesuai kebijaksanaan untuk memenuhi sasaran sistem.

Beberapa Tipe Proses :

  • Foreground
    Proses yang diciptakan oleh pemakai langsung pada terminal (Interaktif, dialog).
  • Batch
    Proses yang dikumpulkan dan dijalankan secara sekuensial (satu persatu). Proses Batch tidak diasosiasikan (berinteraksi) dengan terminal.
  • Daemon
    Proses yang menunggu permintaan (request) dari proses lainya dan menjalankan tugas sesuai dengan permintaan tersebut. Bila tidak request, maka program ini akan berada dalam kondisi “idle” dan tidak menggunakan waktu hitung CPU. Umumnya nama proses daemon di Linux berakhiran d, misalnya inetd, named,popd dll.

Hal - Hal yang berkaitan dengan Process

Multiprogramming (Multitasking)
Multiprogramming adalah manajemen banyak proses pada satu pemroses. Istilah yang digunakan multiprogramming (multitasking) bukan multiprocessing. Mulitprocessing telah digunakan untuk konsep lain, yaitu komputer dengan banyak pemroses di satu sistem komputer dengan masing-masing pemroses melakukan pemrosesan secara independen. Saat ini, kebanyakan komputer pribadi, workstation adalah sistem pemroses tunggal yang menjalankan sistem operasi multiprogramming (multitasking) seperti MS-Windows 3.0,MS-Windows NT, OS/2 danMacintosh System 7.

Tidak Bergantung (Independent)
Proses terpisah satu dari lainnya & tidak berpengaruh

Satu  program  pada  satu  saat  (one  program  at  any  instant)

Pada  satu  waktu hanya  satu  proses  yang  dilayani  pemroses,  menggunakan interleave bukan overlap diantara  program-program.  Oleh  karena  perpindahan  dari  satu  proses ke proses dilakukan secara cepat bagi bagi pemakai seolah-olah bekerja secara paralel. Hal ini dikenal dengan paralel semu (pseudo parallelism).

Multiprocessing
Multiprocessing adalah manajemen banyak proses di komputer multiprocessor (banyak pemroses di dalamnya). Dengan kata lain komputer dengan banyak pemroses di satu sistem komputer dengan masing-masing pemroses melakukan pemrosesan secara independen. Dulunya sistem ini hanya terdapat di sistem besar, mainframe dan mini  komputer. Saat ini komputer workstation telah dapat dilengkapi multiprocessor. Sistem operasi yang mendukung multiprocessingyaitu : Microsoft Windows NT, UNIX, Linux.

Distributed Processing / Computing
Distributed Processing adalah manajemen banyak proses yang dieksekusi di banyak sistem komputer yang tersebar (terdistribusi). Trend masa datang adalah menuju komputasi tersebar (distributed computing). Banyak riset dan pengembangan sistem operasi tersebar di antaranya AMOEBA, MACH, dan sebagainya.

KEBUTUHAN UTAMA PENGENDALIAN PROSES OLEH SO 

Pengendalian proses oleh SO yang mengacu pada Proses:
Saling melanjutkan (Interleave).
Mengikuti kebijaksanaan tertentu..
Mendukung komunikasi antar proses dan penciptaan proses

Signal

Proses dapat mengirim dan menerima sinyal dari dan ke proses yang lainnya. Proses mengirim sinyal melalui instruksi “kill” dengan format: kill [-nomor sinyal] PID.
Nomor sinyal : 1 s/d maksimum nomor sinyal yang didefinisikan system standar nomor sinyal.

Mengirim Signal

Mengirim sinyal merupakan suatu alat komunikasi antar proses, yaitu memberitahukan proses yang sedang berjalan bahwa ada sesuatu yang harus dikendalikan. Berdasarkan sinyal yang dikirim maka proses dapat beraksi dan administrator/programmer dapat menentukan reaksi tersebut. Mengirim sinyal menggunakan instruksi  kill [-nomor sinyal] PID.  Sebelum mengirimn sinyal PID proses yang akan dikirim harus diketahui terlebih dahulu.

Mengontrol Process Pada Shell

Shell menyediakan fasilitas job control yang memungkinkan mengontrol beberapa job atau proses yang sedang berjalan pada waktu yang sama. Misalnya bila melakukan pengeditan file teks dan ingin melakukan interrupt pengeditan untuk mengerjakan hal lainnya. Bila selesai, dapat kembali (switch) ke editor dan melakukan pengeditan file teks kembali.

Job  bekerja  pada foreground atau background.   Pada foreground  hanya diperuntukkan untuk satu job pada satu waktu.  Job pada foreground akan mengontrol shell -  menerima  input  dari  keyboard  dan  mengirim  output  ke  layar.    Job  pada background  tidak  menerima  input  dari  terminal,  biasanya  berjalan  tanpa  memerlukan interaksi.

Job  pada foreground  kemungkinan  dihentikan  sementara  (suspend),  dengan menekan  [Ctrl-Z].    Job  yang  dihentikan  sementara  dapat  dijalankan  kembali  pada foreground atau background sesuai keperluan dengan menekan ”fg” atau ”bg”.  Sebagai catatan,  menghentikan  job  sementara  sangat  berbeda  dengan  melakuakan  interrupt  job  (biasanya  menggunakan  [Ctrl-C]),  dimana  job  yang  diinterrup  akan  dimatikan  secara  permanen dan tidak dapat dijalankan lagi.

Baik teman-teman seperti itu adalah isi dari sekilas Makalah yang akan kami sharing pada kesempatan ini. Untuk teman-teman yang membutuhkan nya bisa mengunduh dengan klik link dibawah ini:

Unduh Makalah Melalui Google Drive

Atau bisa lihat Makalah di sini


Baik teman-teman cukup seperti itu yang bisa saya sampaikan, Terimakasih sudah membaca postingan ini. Semoga bermanfaat. Salam Semangat. Awonapa!

Tag Penelusuran

  • Makalah Process dan Management Process

Posting Komentar untuk "Makalah Process dan Management Process"