Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Firewall pada Windows 10

Windows Firewall sudah tidak asing lagi di keseharian kita sebagai pengguna laptop dengan sistem operasi Windows. Biasanya lebih sering identik dengan cara mematikan Windows Firewall dengan tujuan untuk install aplikasi atau kebutuhan lainya. Kita akan membahas Penjelasan Firewall pada Windows 10.

Penjelasan Firewall pada Windows 10

Mengenal Windows Firewall Sistem Operasi Windows

Daftar Isi :

  • Apa itu Windows Firewall
  • Fungsi Windows Firewall
  • Jenis - Jenis Firewall
  • Kategori Firewall

1. Apa itu Windows Firewall

Windows Firewall sendiri adalah suatu aplikasi atau software yang disediakan windows yang berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap sistem operasi Windows.

Firewall atau tembok api merupakan sistem keamanan jaringan komputer yang memiliki kemampuan untuk melindungi dari serangan virus, malware, spam dan lainya. Selain itu Firewall dapat dikatakan perangkat lunak untuk mencegah akses yang dianggap tidak halal dari jaringan pribadi.

Sehingga, tugas utama dari adanya firewall sendiri adalah untuk melakukan monitoring dan mengontrol semua akses masuk atau keluar koneksi jaringan berdasarkan aturan keamanan yang telah ditetapkan. 

Jika kita seorang pengguna perangkat yang terhubung ke internet, maka kita harus memperhatikan sistem keamanan pada perangkat kita, yaitu peran penting dari Firewall untuk menjaga keamanan lalu lintas pada jaringan yang terhubung ke perangkat.

Untuk mengakses Windows Firewall, teman-teman dapat mencari pada start di keyboard, kemudian ketik firewall. Seperti gambar dibawah ini merupakan windows firewall.

Windows Firewall
Windows Firewall Advanced? 

Seperti judulnya, bahwa Windows Firewall Advanced memiliki lebih banyak lagi fitur yang bisa kita gunakan dalam menjaga keamanan sistem operasi kita. 

Windows Firewall Advanced

2. Fungsi Firewall

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari windows firewall :

  1. Melindungi Data dari Serangan dari Cyber Crime.
  2. Mampu memblokir konten yang tidak di inginkan.
  3. Untuk memonitoring Bandwidth.
  4. Firewall memfasilitasi untuk mengakses layanan VPN.

3. Jenis - Jenis Firewall

  1. Next Generation Firewall
    Next generation firewall terbagi menjadi tiga fitur utama, yaitu pengecekan detail paket, evaluasi sumber paket, serta penentuan penilaian identitas paket.

  2. Packet Filtering Firewall
    Jenis yang kedua adalah packet filtering firewall, merupakan tipe yang paling senior daripada jenis yang lainnya. Proses kerja dari jenis ini adalah dengan cara mengecek paket sistem tersebut. Proses pengecekan yang dilakukan meliputi validasi alamat IP, nomor port, tipe, dan kebutuhan yang lainnya.

  3. Proxy Firewall
    Proxy firewall sering juga disebut dengan application – level gateway yang bekerja dengan memproses nilai sumber paket beserta isinya.

  4. Stateful Inspection Firewall
    Stateful inspection firewall, dimana fungsi utamanya adalah untuk mengecek packet source dan membuka isi dari paket tersebut.

4. Kategori Firewall

  1. Personal Firewall
    Personal Firewall Memiliki fungsi untuk melindungi perangkat anda yang terhubung ke jaringan sehingga mereka tidak dapat mengakses data atau file anda. Menggunakan personal firewall membuat komputer anda terlindungi dari spam, spyware, maupun juga virus. Contohnya adalah Windows Firewall or Windows Defender yang ada di komputer.

  2. Network Firewall
    Sebenarnya untuk fungsi network firewall tidak jauh berbeda dengan jenis sebelumya. Network firewall adalah keamanan windows yang digunakan untuk melindungi perangkat anda secara lebih menyeluruh. Contohnya adalah Microsoft Internet Security and Accelecation Server atau ISA Server.

  3. Firewall Hardware
    Untuk jenis keamanan yang satu ini lebih kompleks dibandingkan jenis firewall yang lainnya. Fungsinya adalah mengamankan semua komponen sementara sistem dibiarkan tetap berjalan apa adanya di jaringan yang sebelumnya sudah direkayasa khusus sebagai server. Biasanya firewall hardware digunakan pada jaringan yang lebih luas.

  4. Firewall Software
    Firewall software juga disebut Windows Firewall pribadi karena memang dirancang dengan tujuan menjaga komputer. Biasanya digunakan pada komputer rumah maupun juga komputer kantor sehingga bisa mencegah akses komputer lain yang tidak diinginkan sehingga tidak bisa tersambung ke komputer kita.

Baik untuk saat ini seperti itu materi yang bisa kami sampaikan, mengenai Pembahasan Penjelasan Firewall pada Windows 10 .

Mohon maaf jika terdapat kesalahan, anda bisa memberikan masukan pada halaman kontak, ataupun pada kolom komentar.

Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan Terimakasih

Tag Penelusuran
  • Penjelasan Firewall pada Windows 10.
  • Firewall Adalah.
  • firewall windows 10
  • cara mematikan firewall windows 10
  • Windows Firewall
  • Kumpulan Materi Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Firewall pada Windows 10"