Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi VLAN Pada Jaringan Materi AIJ

Selamat Datang Kembali di web blog awonapa, pada kesempatan ini saya akan membagikan materi Administrasi Infrastruktur Jaringan atau AIJ kelas 11. Pada pembahasan ini yaitu dengan judul Materi VLAN Pada Jaringan Materi AIJ. Sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) dan Kompetensi Inti (KI). 

Materi VLAN pada AIJ

Materi VLAN (Virtual Lan) Pada AIJ Kelas 11.

Daftar Isi :

  • Mengenal AIJ
  • Pengertian VLAN
  • Tujuan VLAN 
  • Cara Kerja VLAN

Apa itu Administrasi Infrastruktur Jaringan / AIJ

Administrasi Infrastruktur Jaringan atau AIJ adalah salah satu mata pelajaran di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan yang tepatnya pada kelas 11 dan 12. Mempelajari bagaimana menjadi administrator jaringan.

Administrasi Infrastruktur Jaringan merupakan tugas dari seorang administrator jaringan yang mampu mengelola jaringan komputer, install dan manajemen server, mengkonfigurasi server atau router pada skala kecil maupun skala besar.

Pengertian VLAN

VLAN atau Virtual Local Area Network merupakan jaringan komputer yang dapat mengelompokkan beberapa perangkat pada jaringan kita. VLAN seolah-olah dapat menghubungkan satu atau lebih komputer pada LAN dengan metode virtual.

Dilansir dari NetData bahwa VLAN yaitu sekumpulan perangkat yang ada pada jaringan LAN yang di konfigurasi oleh perangkat lunak sehingga dapat saling berkomunikasi. Seolah-olah berada dalam satu saluran yang sama.

Mengenal VLAN Trunk

VLAN Trunk atau trunking adalah konsep dimana sistem komunikasi dapat menyediakan akses jaringan untuk banyak klien dengan berbagi satu set garis (peraturan) atau frekuensi, bukan memberikannya secara individual

Sekilas mengenai VLAN Mode dan VLAN Header:

Hal ini dapat di temukan pada konfigurasi VLAN menggunakan Router MikroTik.

VLAN Mode

  • Disable, mode ini akan mengabaikan tabel VLan. Jadi trafik akan tetap dihandle baik ada VLan Tag maupun jika tidak mengandung VLan Tag.
  • Fallback (default), mirip dengan mode disable hanya perbedaannya pada mode fallback melakukan pengecekan terhadap tabel VLan. Jika trafik yang masuk dengan VLan Tag tetapi port-nya tidak ada atau tidak sesuai di VLan Tabel maka trafik tersebut tidak akan didrop.
  • Check, mode ini akan men-drop atau tidak meneruskan trafik dengan VLan Tag yang tidak ada di tabel VLan. Namun jika trafik yang masuk dengan VLan Tag tetapi port-nya tidak ada atau tidak sesuai di VLan Tabel maka trafik tersebut akan tetap dihandle.
  • Secure, mode ini akan men-drop apabila trafik yang masuk dengan VLan Tag namun port-nya tidak ada atau tidak sesuai di VLan Tabel. 

VLAN Header

  • leave-as-is : paket data tidak ada perubahan ketika keluar dari port
  • always-strip : akan menghilangkan VLan Header pada paket data
  • add-if-missing : akan menambahkan VLan Header pada paket data

Tujuan VLAN

VLAN di gunakan bertujuan untuk mengelompokan perangkat atau node jaringan yang berkomunikasi satu sama lain seolah olah mereka membentuk satu LAN. Kemudian VLAN dapat mengurangi insiden tabrakan pada sumber daya jaringan, atau bisa disebut dengan "Collision Domain".

  1. Menambah Keamanan
    ( Fungsi VLAN dalam hal ini memiliki keamanan tersendiri yang dapat menjaga kerahasiaan pada network atau data pada perusahaan )

  2. Efisiensi Biaya
    ( VLAN ini merupakan fasilitas dan fitur dari LAN yang bersifat virtual sehingga tidak perlu mempersiapkan kabel ataupun perangkat keras lainnya seperti router ataupun switch. )

  3. Tidak Perlu Mengatur Ulang Jaringan Komputer
    ( Fungsi Vlan yaitu teman-teman dapat memindahkan komputer ke manapun Anda inginkan tanpa perlu mengatur ulang setingan LAN dari awal. Pada dasarnya komputer yang dipindahkan masih tetap terhubung ke jaringan VLAN. )

  4. Peningkatan Kinerja yang Lebih Baik
    ( VLAN memiliki kinerja dengan membuat layer datar 2 jaringan menjadi beberapa grup kerja logis sehingga dapat mengurangi lalu lintas dari jaringan )

  5. Monitoring Jaringan yang mudah
    ( Manfaat VLAN berikutnya yakni menyederhanakan proses administrasi. Semua konfigurasi dan koneksi komputer server memudahkan administrator dalam melakukan pengaturan dan kontrol terhadap jaringan yang jauh lebih aman )

Cara Kerja VLAN

Berikut ini merupakan Langkah Kerja pada Virtual Local Area Network :

  • Dalam suatu jaringan, VLAN membagi komputer menjadi beberapa jaringan yang lebih kecil. Beberapa komputer dihubungkan menjadi VLAN, di dalamnya mereka akan saling bertukar informasi secara bebas.
  • Virtual Local Area Network dalam jaringan diidentifikasi dengan nomor
  • Rentang yang valid adalah 1-4094. Pada saklar Virtual Local Area Network, anda menetapkan port dengan nomor Virtual Local Area Network yang tepat 
  • Saklar kemudian memungkinkan data yang perlu dikirim antara berbagai port yang memiliki Virtual Local Area Network yang sama 
  • Karena hampir semua jaringan lebih besar dari satu saklar, harus ada cara untuk mengirim lalu lintas antara dua saklar
  • Salah satu cara sederhana dan mudah untuk melakukannya adalah dengan menetapkan port pada setiap switch jaringan. Dengan Virtual Local Area Network dan menjalankan kabel antara keduanya.

Kesimpulan

VLAN merupakan suatu fitur yang sangat berguna untuk menghemat resource hardware di jaringan kita. Kita bisa melewatkan beberapa segmen jaringan di 1 interface fisik atau 1 kabel yang sama.

Baik untuk saat ini seperti itu materi yang bisa kami sampaikan, mengenai Kumpulan Materi Administrasi Infrastruktur Jaringan (AIJ) Kelas 11 dengan judul Materi VLAN Pada Jaringan Materi AIJ. Mohon maaf jika terdapat kesalahan, anda bisa memberikan masukan pada halaman kontak, ataupun pada kolom komentar.

Tag Penelusuran : 

  • Materi AIJ
  • Materi VLAN AIJ
  • Materi AIJ Kelas 11

Posting Komentar untuk "Materi VLAN Pada Jaringan Materi AIJ"