Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemrograman Mobile - Textfields, Button, Showing Snackbars and Lists

Pemrogaman Mobile merupakan salah satu mata kuliah yang ada di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, tepatnya pada jurusan Informatika. Mata Kuliah ini biasanya memiliki project akhir berupa proposal dan aplikasi yang sudah siap digunakan.

Pemrograman Mobile Kotlin

Mata Kuliah Pemrograman Mobile -  Textfields, Button, Showing Snackbars and Lists

Pemrograman Mobile biasanya menggunakan Android Studio dan bahasa pemrograman Java. Namun pada pertemuan kuliah Pemrograman Mobile kami menggunakan Android Studio, Kotlin dan Jetpack Compose.

Pada kesempatan ini, saya sekedar share hasil tugas yang saya kerjakan pada perkuliahan semester 5 dengan judul Pemrograman Mobile -  Textfields, Button, Showing Snackbars and Lists. Semoga bermanfaat ya.

Soal Mengenai Textfields, Button, Showing Snackbars and Lists

  1. Jelaskan alasan penggunaan Textfields dalam sebuah aplikasi
  2. Jelaskan alasan penggunaan Button dalam sebuah aplikasi
  3. Jelaskan alasan penggunaan Snackbars dalam sebuah aplikasi
  4. Jelaskan alasan penggunaan List dalam sebuah aplikasi

Jetpack Compose adalah toolkit modern Android untuk membuat UI native. Jetpack Compose menyederhanakan dan mempercepat pengembangan UI di Android. Terdapat banyak elemen yang dapat digunakan secara tergabung maupun terpisah untuk mengembangkan UI yang menarik dan interaktif. Pada bab ini, akan dipelajari elemen textfields, button, showing snackbars, dan lists

1. Jelaskan alasan penggunaan Textfields dalam sebuah aplikasi

Textfiled adalah sebuah atribut yang sering kita temui pada aplikasi yang kita punya di android atau di aplikasi manapun. Textfields merupakan sebuah fitur yang digunakan agar pengguna dapat menuliskan sebuah kata-kata atau huruf lalu aplikasi akan mengelola masukan tersebut yang telah ditulisakan.

Fungsi dari adanya Textfields simpan ini bertujuan agar nilai dari apa yang di ketikan user nanti akan dapat disimpan.

Fungsi Di dalam TextFields sebagai berikut : 

  • Value : Nilai dari isi yang akan di masukkan oleh user.
  • Label : Membuat nama pada textfield yang akan tampil atau seperti hint.
  • onValueChange : Jika ada fungsi yang ingin ditambahkan, jika ada text yang ditambahkan saat aplikasi berjalan.
  • SingleLine : Maksimal baris dari kalimat yang dimasukkan ke dalam textfield.

Contoh paling dasar untuk TextField yang dapat dikomposisi, dengan nilai yang disimpan dalam variabel pada setiap perubahan nilai, label, dan nilai awal yang ditampilkan, ditunjukkan berikut ini :

  • Outlined TextField
  • Rounded Corner TextField
  • Password TextField

Contoh Text Field

2. Jelaskan alasan penggunaan Button dalam sebuah aplikasi

Button atau tombol Dalam bidang komputer, istilah tombol merujuk kepada setiap elemen kontrol grafis yang memberikan cara mudah kepada pengguna untuk memicu sebuah peristiwa, seperti mencari kueri di mesin pencari atau berinteraksi dengan kotak dialog

Button atau tombol merupakan bagian yang penting dalam aplikasi android, tombol biasanya merupakan salah satu interaksi yang dapat digunakan oleh pengembang agar pengguna dapat memahami bagaimana cara atau fungsi dari tombol tersebut. Button atau tombol biasanya memiliki fungsi untuk melakukan perintah tertentu, contohnya yaitu button login yang berfungsi untuk menampilkan halaman isian email dan password.

Source Code Button

Contoh Button

3. Jelaskan alasan penggunaan Snackbars dalam sebuah aplikasi

Snackbar adalah sebuah tampilan yang yang biasanya digunakan untuk menampilkan notifikasi singkat pada layar aplikasi, biasanya digunakan seperti jika pada tampilan login password salah maka akan ada tampilan notifikasi singkat pada layar menunjukkan jika password yang diketik salah.

Source Code Snackbar

Contoh Snackbar

4. Jelaskan alasan penggunaan List dalam sebuah aplikasi

List atau daftar adalah hal yang sangat umum pada aplikasi android, list pada umumnya menampilkan sebuah content yang bermuatan sama atau bentuk yang sama namun memiliki isi yang berbeda. Contoh lain list yang pernah kita lihat pada aplikasi android adalah pada saat melihat daftar pesan pada aplikasi atau seperti mencari barang di aplikasi toko online.

Jika Anda perlu menampilkan sejumlah besar item (atau daftar panjang yang tidak diketahui), menggunakan tata letak seperti Kolom dapat menyebabkan masalah kinerja, karena semua item akan menjadi disusun dan ditata apakah terlihat atau tidak. Compose menyediakan satu set komponen yang hanya buat dan tata letak item yang terlihat di viewport komponen. Komponen-komponen ini termasuk LazyColumn dan LazyRow. LazyList menyediakan sejumlah fungsi untuk mendeskripsikan item dalam tata letak.

SOURCE CODE MENYUSUL :)

Sepertinya hanya itu yang bisa saya sampaikan pada artikel dengan judul Pemrograman Mobile -  Textfields, Button, Showing Snackbars and Lists ini. InsyaAllah berikutnya akan dilanjutkan ya teman-teman. Terimakasih sudah berkunjung :)

Salam Semangat, Awonapa.

Tag Penelusuran : 

  • awonapa
  • pemrograman mobile
  • kotlin
  • jetpack compose
  • android studio

Posting Komentar untuk "Pemrograman Mobile - Textfields, Button, Showing Snackbars and Lists"