Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Touchpad Windows 8 Tidak Berfungsi

Ketika kita menggunakan laptop dengan sistem operasi tertentu, memiliki kemungkinan bahwa beberapa kemungkinan driver atau perantara antara Perangkat Keras dan Perangkat Lunak tidak bekerja dengan baik. Pada kesempatan ini saya akan berbagi mengenai Mengatasi Touchpad Windows 8 Tidak Berfungsi.

Mengatasi Touchpad Windows

Bagaimana Cara Mengatasi Touchpad Windows 8 Tidak Berfungsi

Kita langsung saja ke pembahasan inti nya. Mengenai masalah Mengatasi Touchpad Windows 8 Tidak Berfungsi.

Disini kita membutuhkan peran penting dari SERIAL I/O. Lalu apakah Serial I/O itu?

Input / Output (I/O) adalah masukan atau keluaran bagian dari system microprocessor yang digunakan oleh microprocessor untuk terhubung dengan perangkat luar.

Jadi jika touchpad pada perangkat kita tidak berfungsi kita harus melakukan installasi Serial I/O pada perangkat kita.

Berikut ini merupakan tautan yang saya gunakan dalam install Serial I/O pada sistem operasi Windows 8. 

Driver Serial I/O 1

Driver Serial I/O 2 

Teman-teman bisa mencari referensi lain pada penelusuran google ya.

Selain itu terdapat beberapa tips dalam mengatasi touchpad tidak berfungsi.

Install Driver Touchpad Sesuai dengan Tipe Laptop dan Sistem Operasi Laptop 

Jika touchpad tidak berfungsi maka teman-teman bisa mengunduh driver touchpad sesuai dengan tipe laptop yang teman-teman gunakan. Unutk referensi bisa mencari di google.com dengan keyword driver touchpad laptop (sesuai tipe). 

Restart Perangkat   

Terkadang driver touchpad stuck ketika kita gunakan, maka hal yang bisa kita lakukan adalah merestart laptop. Untuk restart bisa menggunakan alt+f4.

Buka Kunci Touchpad Laptop

Untuk pengguna laptop-laptop keluaran terbaru yang ada saat ini, biasanya sudah mendukung fitur khusus untuk mengunci touchpad.

Fitur ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan melalui keyboard. Silakan cek lagi, barangkali touchpadnya memang terkunci. Sebab, ini bisa membuat kursor jadi tidak terlihat.

Contoh : Tekan tombol pada keyboard yang bertanda touchpad, bisa menggunakan FN + F7 pada laptop acer, atau di laptop saya FN + F9

Update Driver terbaru.

Di laptop, tersedia driver khusus touchpad yang bisa membantu untuk mengatasi masalah kursor tidak muncul pada tampilan Windows. Driver ini bisa Anda install seperti biasa. Teman-teman bisa mengunduh pada halaman resmi sesuai dengan merk tipe laptop. 

Reinstall Driver Touchpad

Kita bisa menggunakan device manager untuk melakukan install ulang driver pada laptop, untuk membuka device manager bisa menggunakan run pada windows dan ketika devmgmt.msc. (windows + r, ketikan devmgmt.msc).

Menggunakan Mouse

Untuk masalah driver sendiri, penyebabnya bisa dari sistem yang ada bug. Khusus pada laptop, mungkin ini bisa membuat touchpad tidak berfungsi, sehingga berakibat kursor jadi hilang.

Solusinya, silakan gunakan mouse USB. Akan tetapi, kalau sebelumnya sudah menggunakan mouse, coba ganti dengan mouse lain yang masih baru.

Install Ulang.

Tahap terkahir adalah install ulang, disini bisa menggunakan sistem operasi yang sama, atau bisa dengan upgrade ke sistem operasi yang baru. Seperti contoh dari Windows 8 ke Windows 10.

Baik teman-teman cukup seperti itu yang bisa saya sampaikan, Terimakasih sudah membaca postingan ini. Semoga bermanfaat. Salam Semangat. Awonapa!

Tag Penelusuran

  • Touchpad Windows 8
  • Mengatasi Touchpad Pada Windows

Posting Komentar untuk "Mengatasi Touchpad Windows 8 Tidak Berfungsi"