Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Yang Harus dilakukan Ketika Membeli Laptop Baru

Laptop merupakan kebutuhan yang sangat sering dan dibutuhkan oleh kita pada masa kini. Terlebih lagi ketika teknologi yang semakin Maju dan Berkembang. Selain itu juga dikarenakan faktor Pandemi Covid 19. Sehingga banyak kegiatan yang kita lakukan termasuk bekerja ataupun menempuh pendidikan yang dilakukan dengan cara Daring. Berikut ini merupakan tips and trik Hal-hal yang Harus dilakukan Ketika Membeli Laptop Baru.

Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Membeli Laptop Baru

Beberapa hal yang dilakukan ketika Membeli Laptop Baru.

Pada kesempatan ini, saya sekedar sharing mengenai hal-hal yang harus saya lakukan ketika membeli laptop baru. Saya membuat artikel ini karena kemarin mengalami hal ini. Dan karena menurut saya ini penting. Jadi saya coba untuk share disini deh. Dan mohon maaf kalau agak random :).

1. Check Sistem Operasi yang di Install pada Laptop

OS Windows 10

Setelah membeli laptop, pastinya beberapa toko komputer sudah menyediakan sistem operasi yang terinstall di laptop tersebut. Biasanya yang terdapat pada Laptop yaitu sistem operasi DOS.

Sistem Operasi DOS merupakan sistem operasi default yang ada pada komputer atau laptop pribadi. Dan cara pengoperasiannya menggunakan command line.Namun saya sarankan pastikan untuk meminta install sistem operasi langsung, seperti Sistem Operasi Windows Terbaru, dan kalau bisa meminta lisensi yang original dari toko :). Oiya bisa juga untuk minta install software terbaru.

2. Check Windows Update dan Lakukan Update

Check Windows Update 

Setelah kita mendapatkan laptop baru dan sudah ter-install sistem operasi Windows, baiknya kita check update pada Windows yang sudah ter-install.Kenapa melakukan update? Dikarenakan jika sistem operasi laptop kita sudah usang, maka beberapa virus atau masalah lain bisa jadi dengan mudah masuk ke dalam sistem operasi kita. Sehingga dapat merusak data penting yang ada di laptop kita.

Untuk melakukan check windows update bisa dengan cara : 

pada pencarian windows, silahkan ketik dengan "windows update", setelah itu klik / enter, pastikan laptop sudah terhubung ke internet untuk melakukan cek windows update nya. Saya sarankan untuk menggunakan WIFI saja  :).

3. Lakukan Cek pada Software Anti Virus atau Software Expired

Uninstall Software Expired

Selain melakukan update pada Sistem Operasi Windows, kita juga harus melakukan cek pada Software yang sudah terinstall pada Laptop kita. Masalahnya terkadang toko komputer yang melakukan install software terkadang tertinggal versinya.

Contoh seperti antivirus yang terinstall, SMAD*V atau McAfe*. Biasanya yang terinstall adalah versi lama dari versi terbaru. Dan ini sangat berpengaruh terhadap kestabilan laptop kita.

Oleh karena itu, baiknya kita lakukan update dan install. Atau uninstall saja. Selain itu Antivirus lebih dari 1 pada laptop, dapat kemungkinan mempengaruhi hasil maksimal dari antivirus tersebut.

Lalu untuk software atau bloatware yaitu software yang tidak kita butuhkan dapat di uninstall juga, seperti game solitare atau lainya.

4. Pastikan Windows Security Aktif

Windows Security

 

Windows Security merupakan tools dari bawaan Windows yang sudah terinstall pada laptop ketika laptop kita sudah terinstall Windows. Dan menurut saya ini sangat bermanfaat untuk sistem operasi windows kita. 

Saya pribadi sendiri hanya menggunakan keamanan dari Windows Security, dan bersyukur nya tidak terjadi apa-apa. Pastikan milik teman-teman terceklist semua ya diharapkan laptop dan data kita aman.

5. Cek Kapasitas Battery Laptop

Cek Kapasitas Battery Report

Setelah itu karena hal ini juga menurut saya cukup penting. Saya mengecek kapasitas battery yang ada pada laptop baru kita. Karena battery laptop sangat berpengaruh ke optimalitas laptop kita. Dan kalau kapasitas battery besar pastinya kita tidak perlu khawatir lowbat ketika urgent.

Biasanya laptop baru memiliki kapasitas sekitar 45.000 mWh

Dan untuk mengecek kapasitas battery laptop bisa dengan buka cmd dan ketik perintah powercfg /batteryreport.

Dan hasilnya nanti adalah file battery-report.html, dan teman-teman bisa membuka dengan browser. Seperti contoh berikut ini adalah hasil dari pengecekan pada laptop saya.

Check Battery Report

* data diatas merupakan battery yang sudah saya beli baru, dengan kualitas KW :).

Pengecekan Spesifikasi Laptop Lainya

Secara keseluruhan untuk mengecek laptop, pasti seperti RAM, VGA atau Processor atau lainya. Dan untuk mengecek laptop bisa dengan menggunakan perintah.

dxdiag pada run di windows, dan nanti akan muncul spesifikasi menyeluruh antara lain :

  • Sistem Operasi
  • Sistem Manufaktur
  • Sistem Model
  • BIOS
  • Processor
  • Memory (RAM)
  • lain-lain.

Baik teman-teman, inti nya ketika kita ingin membeli laptop pastikan beberapa hal diatas harus dicek terlebih dahulu, jangan lupa klaim garansi juga. Baik untuk sekian Hal Yang Harus dilakukan Ketika Membeli Laptop Baru. Mohon maaf jika terdapat kesalahan. Terimakasih

Tag Penelusuran

  • Persiapan Laptop
  • Mengenal Laptop

Posting Komentar untuk "Hal Yang Harus dilakukan Ketika Membeli Laptop Baru"