Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar TJKT - Perkembangan Teknologi Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi atau yang biasa kita kenal dengan Teknik Komputer dan Jaringan. Berikut ini adalah Materi Dasar TJKT pada Perkembangan Teknologi dengan judul Perkembangan Teknologi Pada Teknik Komputer dan Telekomunikasi atau (TJKT).

Dasar TJKT - Perkembangan Teknologi Pada TJKT

Dasar TJKT - Perkembangan Teknologi Pada Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Daftar Isi :

  • Perkembangan Teknologi
  • Dampak Perkembangan Teknologi
  • Perkembangan Komputer
  • Perkembangan Jaringan Seluler

1. Perkembangan Teknologi Teknik Jaringan Komputer

Dalam kehidupan, pasti akan ada perkembangan, entah dari sisi manapun, terjadi revolusi seperti pada jaman dahulu, hingga sekarang. Dan begitu pula dengan perkembangan teknologi hingga saat ini.

Perkembangan Teknologi merupakan proses perubahan teknologi menjadi lebih baik dari sebelumnya, atau proses berkembangnya pengetahuan teknologi seperti perkembangan teknologi jaringan mulai dari 1G, 2G, 3G, 4G hingga saat ini adalah 5G.

Dengan jaman yang terus maju, teknologi juga akan terus berkembang, dan saat ini sudah cukup banyak pekerjaan yang digantikan dengan teknologi. Hingga manusia bisa lebih fokus terhadap pekerjaan yang lebih kompleks. Dan biasanya juga dapat memberikan peluang kerja yang baru dari perkembangan teknologi ini.

2. Dampak Perkembangan Teknologi

Teknologi yang semakin berkembang, sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, dan ini memberikan dampak positif dan negatif. Berikut ini merupakan dampak yang ditimbulkan dari Perkembangan Teknologi.

  1. Dampak Positif
    • Dapat mempermudah dalam berbagi informasi.
    • Memberikan waktu yang efektif dan efisien dalam melakukan pekerjaan.
    • Membantu manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
    • Mempermudah pertukaran data.
    • Dapat belajar dari jarak jauh, atau dalam jaringan , atau daring :) ehehe.

  2. Dampak Negatif
    • Dapat membuang waktu yang sia-sia jika hanya digunakan tidak bermanfaat.
    • Memberikan efek candu dalam gadget, seperti game yang tidak menghasilkan dan tidak memberikan dampak yang baik.
    • Ketika berkumpul, asyik dengan gadget masing-masing.
    • Terkadang juga khilaf.

3. Perkembangan Revolusi Industri

Selain itu dalam Perkembangan Teknologi mempengaruhi Revolusi Industri, seperti yang teman-teman ketahui, bahwa saat ini sangat gencar dalam Revolusi Industri 4.0, berikut ini merupakan contoh dari perkembangan teknologi pada Revolusi Industri.

  1. Perkembangan Revolusi Industri 1.0
    Revolusi Industri, pada abad ke-18 yaitu indentik dengan penemuan mesin uap yang digunakan untuk memproduksi barang. Mesin uap merupakan tanda dari Revolusi Industri 1.0. Dan mesin uap ini juga digunakan dalam transportasi, seperti kapal laut, dan kereta.

  2. Perkembangan Revolusi Industri 2.0
    Jika pada Revolusi Industri 1.0 kekuatan manusia (otot) digantikan oleh mesin yang menggunakan Uap. Maka Revolusi Industri 2.0 dengan ditandai oleh penemuan tenaga listrik, tenaga listrik ini menggantikan tenaga uap, dan pada masa ini mulai banyak diciptakan mobil, tank dan peralatan perang lainya.

  3. Revolusi Industri 3.0
    Pada Revolusi Industri 3.0 ini merupakan tahap kemajuan teknologi, yaitu mulai dikembangkan nya komputer, namun komputer disini masih sangat besar dan belum bisa dimasukkan kedalam tas. Karena ukuran komputer ini bisa sebesar ruangan tidur. Selain itu komputer ini menggunakan tenaga listrik yang cukup besar.
    Dan disini kemajuan teknologi terus berkembang, sehingga terdapat penemuan seperti transistor, semikonduktor, dan IC sehingga komputer menjadi semakin cangih dan ukurannya lebih kecil dan tidak membutuhkan listrik yang besar.

  4. Revolusi Industri 4.0
    Berikutnya yaitu Revolusi Industri 4.0, ya saat ini kita ramai membicarakan Industri 4.0 ini. Pada masa ini sudah ramai teknologi yang menggunakan teknologi otomatisasi, serta teknologi keamanan seperti siber.
    Contoh teknologi Revolusi Industri 4.0 pada transportasi yaitu seperti GOJEK atau GRAB dan juga memberikan lapangan pekerjaan.

Tidak dipungkiri bahwa teknologi ini akan terus berkembang, dan akan memberikan dampak terhadap kehidupan manusia. Dan semoga dengan perubahan teknologi yang semakin maju dapat memberikan dampak baik di kehidupan kita.

Baik untuk saat ini seperti itu materi yang bisa kami sampaikan, mengenai Materi Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi pada Perkembangan Teknologi TJKT .

Mohon maaf jika terdapat kesalahan, anda bisa memberikan masukan pada halaman kontak, ataupun pada kolom komentar.

Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan Terimakasih

Tag Penelusuran
  • Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.
  • Perkembangan Teknologi Pelanggan TJKT.
  • Perkembangan Teknologi pada Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.
  • Kumpulan Materi Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.

Posting Komentar untuk "Dasar TJKT - Perkembangan Teknologi Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi"