Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dasar TJKT - Orientasi Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Halo teman-teman, berikut ini adalah Pembahasan Lanjut dari Materi Bab 4 yang membahas mengenai Orientasi Dasar. Berikut ini adalah Materi pada Orientasi Dasar TJKT dengan judul Orientasi Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi atau (TJKT).

Orientasi Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Dasar TJKT - Orientasi Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Daftar Isi :

  • Pengenalan Komputer dan Jaringan  Dasar
  • Pengenalan Perakitan Komputer
  • Mengenal Mainboard
  • Mengenal Sistem Operasi
  • Mengenal Software Pada Komputer
  • Perawatan Komputer
  • Pengenalan IPv4
  • Pengenalan LAN, MAN, WAN

1. Pengenalan Komputer dan Jaringan Dasar

Komputer dan Jaringan Dasar adalah hal yang selalu berkaitan satu sama lain. Pasalnya komputer saat ini lebih sering digunakan dalam melakukan banyak hal, tidak hanya menghitung saja.

Pengertian Komputer 

Komputer merupakan alat yang dipakai untuk mengolah data, pada awalnya komputer digunakan untuk melakukan perhitungan aritmatika, dengan semakin maju perkembangan teknologi dan saat ini sangat banyak perkembangan yang terjadi termasuk dari fungsi komputer itu sendiri.

Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Personal Computer (PC), Laptop, Netbook atau Notebook, dan banyak lainnya termasuk dari beberapa jenis komputer.

Perkembangan Komputer

Komputer pertama kali ditemukan pada 1822 oleh seorang ahli yang bernama Charles Babbage, awal mulanya beliau bermaksud untuk menciptakan alat mesin hitung bertenaga uap yang dapat digunakan dalam proses aritmatika.

  1. Komputer Generasi Pertama (1940 - 1959)

    Komputer Generasi Pertama

    Pada generasi ini, komputer dikembangkan menggunakan tabung vakum untuk sirkuit. Tabung Vakum digunakan untuk memperkuat sinyal yaitu dengan mengendalikan elektron di ruang evakuasi. Pada Komputer generasi pertama ini sangat sulit di operasikan dan berbiaya sangat mahal, selain itu ukurannya juga besar. (UNIVAC dan ENIAC contoh komputer generasi pertama yang digunakan di Amerika Serikat oleh Badan Sensus.)

  2. Komputer Generasi Kedua (1959 - 1965)

    Komputer Generasi Kedua

    Pada komputer generasi kedua, Tabung Vakum mulai digantikan oleh transistor. Transistor digunakan untuk alat penguat, penyambung dan pemutus arus. Penggunaan transistor digunakan pada akhir tahun 1950-an. Transistor memiliki keunggulan yaitu dari bentuknya yang lebih kecil, sehingga dengan bentuk yang lebih kecil, ukuran komputer pun menjadi lebih kecil serta biaya energi lebih hemat. (Contoh : IBM 7000, NCR 304, IBM 650, IBM 1401, ATLAS, dan MARK III)
    Pada masa ini juga bahasa pemrograman seperti COBOL dan Fortan mulai diperkenalkan.

  3. Komputer Generasi Ketiga (1965 - 1970)

    Komputer Generasi Ketiga

    Komputer Generasi Ketiga menggunakan komponen IV (Integrated Circuits), komponen ini teridiri dari banyak transistor hingga ribuan transistor, yang berbentuk integrated circuits dan monolithic integrated circuits.

    Proses komputer pada masa ini lebih cepat dan tepat, ukuran fisik lebih kecil dan penggunaan listrik hemat, bisa melakukan programming, terdapat magnetic disk dapat melakukan komunikasi data antar komputer. Contoh : IBM S/30. NOVA, CDC 3000, PDP-11, dan sebagainya.

  4. Komputer Generasi Keempat (start 1970)



    Komputer Generasi Keempat

    Komputer generasi ke-4 menggunakan LSI (Large Scale Integration) yang biasa disebut sebagai Bipolar Large Scale Integration).
    Komputer ini menggunakan Mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer. Sehingga ukuran nya menjadi baik dan seperti yang kita gunakan saat ini. Processor pertama intel dan 4004 chip mulai menjadi otak utama dari komputer ini.
    Contoh : IBM 370, IBM 4341, DEC 10, STAR 1000, APPLE II.


  5. Komputer Generasi Kelima
    Komputer pada generasi ini menggunakan komponen VLSI (Very Large Scale Integration), kemampuan komputer ini dikembangkan dan dapat memecahkan masalah sendiri.
    Hal ini lebih sering dikenal dengan AI atau Artificial Intelligence, penerapan AI sudah banyak dibeberapa Negara yang digunakan untuk mengoperasikan robot.

Jaringan Dasar

Selain mengenal komputer, Berikutnya kita memasuki pembahasan untuk Jaringan Dasar. Selain itu kita juga sering mendengar Jaringan Komputer.

Jaringan Komputer merupakan dua atau lebih komputer yang saling terhubung antara satu sama lain dan dapat berbagi data dan komunikasi data. Jaringan komputer ini dibangun dengan kombinasi dari perangkat keras dan perangkat lunak. 

Switch dan Router termasuk perangkat keras yang digunakan untuk bertukar informasi dan membawa data sampai ketujuan. Pada setiap titik akhir dikenal dengan host dalam jaringan, dan memiliki pengenal yang unik seperti IP Address atau MAC Address. (Internet Protocol / Mac Access Control).

Selain itu jaringan komputer juga dibangun menggunakan teknologi kabel (wired) dan nirkabel (wireless)

Berikut ini merupakan contoh dari Kabel Jaringan : 

1. Kabel Coaxial  

Kabel Coaxial

Kabel Coaxial merupakan kabel jaringan yang terdiri dari 2 lapisan konduktor, Lapisan pertama berada di tengah berupa kawat tembaga dan Lapisan kedua berada diatas lapisan isolator yang berbahan metal atau biasa disebut dengan metal sheilded yang berfungsi mencegah gangguan dari luar.

Kabel coaxial memiliki prinsip kerja dengan menghantarkan sinyal listrik dari sumber ke tujuan. Kabel ini bisa dipakai untuk menghubungkan antar perangkat komputer. Dalam penggunaan kabel coaxial ini sering digunakan untuk penggunaan jaringan dengan bandwidth yang tinggi karena lebih aman dari segala gangguan.Saat ini kabel coaxial mulai di tinggalkan oleh pengguna karena port BNC pada komputer sudah jarang di temui. 

Kelebihan dan Kekurangan Kabel Coaxial

Kelebihan :
  1. Harganya lebih murah dibandingkan dengan jenis kabel jaringan lain 
  2. Jangkauan kecepatan dan transmisi data lebih cepat
  3. Resiko kehilangan sinyal rendah
  4. Masa penggunaan yang lebih panjang
Kekurangan:
  1. Memiliki batasan jangkauan panjang maksimal
  2. Kabel rentan pada faktor cuaca, suhu dan beban
  3. Pemasangan konektor BNC tergolong susah
  4. Walaupun kabelnya murah tapi untuk biaya perawatan tinggi
  5. Membutuhkan repeater tambahan

2. Kabel Twisted Pair

Kabel Twisted Pair

Kabel jaringan berikutnya yaitu Kabel Twisted Pair, kabel ini adalah yang sering digunakan saat ini, setidaknya untuk satu ruangan komputer, seperti LAB Komputer menggunakan kabel ini. Kabel Twisted Pair memiliki 8 kabel masing-masing 2 berpasangan, dan memiliki warna kabel yang berbeda. 

Berikut ini adalah jenis dari Kabel Twisted Pair

  1. UTP (Unshielded Twisted Pair)
    Kabel UTP adalah jenis kabel Twisted Pair, pada kabel ini tidak memiliki pelindung di dalam kabel, jenis kabel ini banyak digunakan karena harga yang lebih murah dibandingkan kabel Twisted Pair lainya.

  2. FTP (Foiled Twisted Pair)
    Kabel FTP juga jenis kabel Twisted Pair yang memiliki lapisan pelindung yaitu alumunium foil pada bagian dalam kabel yang memliki fungsi untuk menghalau gangguan gelombang elektromagnetik yang dapat mempengaruhi internet.

  3. STP (Shielded Twisted Pair)
    Kabel STP adalah termasuk kabel Twisted Pair yang memiliki lapisan pelindung alumunium foil dan juga membungkus setiap pasang kabel tembaga pada kabel STP. Berikut ini contoh dari kabel Twisted Pair (Jenis diantara lain yaitu CAT5, CAT5E, CAT 6).

Urutan Kabel pada Twisted Pair

Urutan Kabel Twisted Pair

3. Kabel Fiber Optik

Kabel Fiber Optik
Kabel Fiber Optik merupakan kabel yang dibuat menggunakan bahan dari kaca atau plastik sangat kecil yang memiliki ukuran 120 mikrometer, kabel ini dapat mentransmisikan data lebih cepat dari kabel lainya termasuk Coaxial ataupun Twisted Pair.

Kecepatan kabel fiber optik bisa mencapai 100Gbps dengan jarak hingga ribuan kilometer. Dan ini yang menjadi faktor saat ini bahwa ISP penyedia layanan internet kabel, memilih kabel fiber optik.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik

Kelebihan Kabel Fiber Optik

  1. Transmisi data dengan kecepatan yang tinggi
  2. Bandwidth yang besar hingga  Gigabit
  3. Jangkauan wilayahnya yang luas
  4. Kabel lebih awet dari gangguan alam yang ekstrem
  5. Biaya perawatan yang murah
  6. Mampu menahan gangguan elektromagnetik
  7. Fitur keamanan yang kuat

Kekurangan Kabel Fiber Optik

  1. Harganya paling mahal dibandingkan jenis kabel lainnya
  2. Proses instalasi yang rumit
  3. Butuh investasi yang besar saat pemasangan
  4. Tidak sembarang teknisi bisa memperbaiki saat terjadi kerusakan.

2. Pengenalan Perakitan Komputer 

Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi tidak jauh dari komputer, yaitu lebih tepat dalam merakit Komputer. Berikut ini adalah sekilas mengenai Perakitan Komputer.

Perakitan komputer adalah serangkaian kegiatan atau langkah-langkah untuk menyatukan bagian-bagian dalam sebuah perangkat komputer, sehingga dapat digunakan sebagai komputer atau Personal Computer.

Persiapan Dalam Merakit Komputer

Pada tahap persiapan, kita harus menyiapkan komponen yang akan dilakukan dalam proses perakitan komputer, beberapa peralatan itu adalah 

  • Obeng min (-) dan plus (+)
  • Baut
  • Buku Manual
  • Gelang Antistatik
  • Multimeter / Multitester (opsi)

Tahap berikutnya, setelah mempersiapkan alat yang digunakan untuk proses merakit komputer, tahap berikutnya yaitu melakukan Perakitan.

Proses perakitan komputer adalah serangkaian kegiatan untuk menjadikan komponen-komponen pada komputer menjadi satu komponen utuh hingga menjadi Komputer yang bisa digunakan.

  1. Membuka Casing.
  2. Memasang Processor ke Mainboard / Motherboard.
  3. Memasang Heatsink / Kipas Processor.
  4. Memasang RAM (Random Access Memory).
  5. Memasang Power Supply.
  6. Memasang Motherboard Ke Casing.
  7. Memasang DVD RW (jika diperlukan).
  8. Memasang Harddisk.
  9. Memasang CD/DVD Drive dan Harddisk ke Mainboard .
  10. Memasang Konektor USB dan Audio.
  11. Memasang Kabel Power LED.
  12. Memasang kabel power supply ke motherboard.
  13. Menghubungkan ke Monitor .
  14. Menghubungkan Listrik untuk pengujian komputer.
  15. Selesai.

Setelah selesai melakukan Perakitan, berikutnya adalah proses Pengujian. Pengujian hasil dari perakitan yang sudah dilakukan sangat penting, karena kita akan melihat bagaimana hasil dari Perakitan yang sudah kita dilakukan.

3. Mengenal Mainboard / Motherboard

Pengertian Mainboard

Mainboard merupakan papan sirkuit utama pada komputer, yang digunakan untuk meletakan komponen-komponen elektronik dalam perakitan komputer, seperti Processor, RAM, VGA, Harddisk, dan lainya.

Mengenal Motherboad

Di dalam motherboard terdapat chip controller yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data dan juga mengatur aliran listrik dan beberapa slot lainya digunakan memasang komponen tambahan.

4. Mengenal Sistem Operasi dan Software

Pengertian Sistem Operasi

Setelah kita selesai melakukan perakitan pada komputer, untuk menggunakan komputer disini kita perlu perangkat lunak, atau yang biasa disebut Sistem Operasi. 

Sistem Operasi merupakan perangkat lunak sistem, yang mampu mengelola sumber daya atau resource dari software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras), sehingga dapat berjalan dengan baik dan memudahkan interaksi dengan pengguna atau user yang biasa disebut dengan brainware.

 Inti nya adalah, sistem operasi merupakan penghubung antara software, hardware dan brainware.

Selain itu terdapat juga dengan opensource dan closesource.

Open Source adalah sistem pengembangan yang di lakukan oleh pelaku yang bekerja sama untuk memanfaat kan source code yang tersebar di internet. Dengan kata lain open source kita bebas menggunakan, mengembangkan dan menyebarluaskan tanpa harus membayar dan meminta izin atau lisensi kepada pembuat aplikasinya (contoh: OS Linux).

Close Source adalah perangkat lunak yang menyimpan source code nya dengan aman, dan terenkripsi. Oleh karena itu kita tidak diizinkan untuk menyalin, mengubah atau menghapus bagian dari source code nya. (contoh : OS Windows)

Beberapa contoh Sistem Operasi yaitu :

  • Linux
  • Android
  • IOS
  • Mac OS X
  • Microsoft Windows

Pengertian Software

Software merupakan data yang di program, disimpan dan di format secara digital dengan fungsi tertentu.

Software atau perangkat lunak ini sering kita dengar seperti aplikasi yang sering digunakan pada komputer. Seperti contoh aplikasi mengolah angka seperti microsoft excel, untuk mengolah kata microsoft word, mengolah presentasi microsoft power point, mengolah data microsoft access dan masih banyak lainya.

Salah satu yang pasti sering digunakan untuk berselancar di internet yakni software atau aplikasi browser seperti Mozila Firefox ataupun Google Chrome.

5. Perawatan Komputer

Dalam menggunakan Komputer, pastikan kita mengetahui bagaimana cara untuk melakukan perawatan pada perangkat yang kita gunakan, berikut ini adalah cara-cara yang digunakan untuk melakukan perawatan pada komputer :

  1. Pastikan menutup program yang tidak digunakan.
  2. Kondisi dalam menggunakan komputer baik, tidak berdebu dan suhu yang tidak panas.
  3. Memiliki Antivirus (bawaan dari sistem operasi lebih baik).
  4. Menghapus atau Uninstall aplikasi atau program yang sudah tidak digunakan.
  5. Dapat menggunakan stabilizer atau UPS untuk mengantisipasi listrik yang padam secara tiba-tiba.
  6. Membersihkan Komputer (bisa membongkar atau hanya bagian luar nya saja).
  7. Mematikan Komputer saat tidak digunakan, dan saat kondisi sedang tidak baik.
  8. Membersihkan File Sampah

6. IPv4, LAN, MAN dan WAN

Berikut ini adalah pemahaman sekilas mengenai Jaringan Dasar dan Cakupan nya, dimulai mengenal IPv4 , cakupan pada LAN, MAN dan WAN.

Pengertian IP Address

IP Address (Internet Protocol) merupakan angka unik pada ponsel ataupun smartphone yang terhubung ke internet. Atau IP Address adalah angka yang ditetapkan untuk setiap perangkat yang terhubung ke jaringan komputer yang menggunakan protokol internet.

Alamat IP memiliki fungsi utama yaitu : host atau identifikasi antarmuka jaringan dan pengalamatan lokasi.

Versi IP Address

Pada IP Address terdapat 2 Versi yaitu IPv4 dan IPv6.

IP Address Versi 4 / IPv4 sudah digunakan sejak internet mulai digunakan untuk komersil. Versi ini adalah versi yang umum kita jumpai, termasuk di warnet atau lab.

Struktur alamat IPv4 memiliki panjang angka 32 bit. yang terdiri dari 4 blok angka yang dipisahkan dengan titik. Masing-masing kumpulan angka tersebut adalah representasi desimal dari 8 bit angka biner. 

IP versi 4

IP Address Versi 6 / IPv6 adalah perkembangan terbaru dari IPv4 dikarenakan perkembangan internet yang semakin pesat, kapasitas IPv4 kini kian menipis, oleh karena itu dibuatlah versi pembaharuan dari IPv4 yaitu IPv6, dan IPv6 saat ini masih belum terlalu banyak digunakan secara luas.

Struktur IPv6 berbeda dengan IPv4 dan dapat diidentifikasi dengan mudah. Struktur IPv6 terdiri dari kombinasi angka dan huruf. IPv6 memiliki panjang angka 128 bit, terdiri dari 8 kelompok angka dan huruf yang setiap kelompoknya dipisahkan dengan titik dua.

Banyaknya perpaduan angka dan huruf tersebut membuat IPv6 dapat menampung alamat IP di seluruh dunia dalam waktu cukup lama.

Contoh versi IPv6:

2001:0db8:85a3:0000:0000:8a2e:0370:7334

Cakupan LAN, MAN dan WAN

LAN (Local Area Network)

LAN atau Local Area Network menghubungkan perangkat jaringan komputer dan perangkat dihubungkan bersama oleh switch atau stack switch menggunakan skema pengalamatan pribadi seperti yang didefinisikan oleh protokol TCP / IP. Transmisi data pada LAN sangat cepat karena jumlah komputer yang terhubung terbatas. LAN menggunakan perangkat keras yang relatif murah (seperti hub, adaptor jaringan, dan kabel Ethernet). LAN mencakup area geografis yang lebih kecil (Ukuran terbatas beberapa kilometer) dan dimiliki secara pribadi.

Orang dapat menggunakannya untuk gedung, kantor, rumah, rumah sakit, sekolah, dll. LAN mudah dirancang dan dirawat. 

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN mencangkup jaringan lebih besar dibandingkan LAN. MAN dirancang untuk pelanggan yang membutuhkan konektivitas berkecepatan tinggi. Kecepatan MAN berkisar dalam hal Mbps. Sulit untuk merancang dan memelihara Jaringan Area Metropolitan.

Perangkat yang digunakan untuk transmisi data melalui MAN adalah: Modem dan Kawat / Kabel. Contoh MAN adalah bagian dari jaringan perusahaan telepon yang dapat menyediakan saluran DSL berkecepatan tinggi kepada pelanggan atau jaringan TV kabel di kota.

WAN (Wide Area Network)

WAN atau Wide Area Network adalah jaringan komputer yang membentang di wilayah geografis yang luas, meskipun mungkin terbatas dalam batas-batas negara. WAN dapat berupa koneksi LAN yang menghubungkan ke LAN lain melalui saluran telepon dan gelombang radio dan mungkin terbatas pada perusahaan (korporasi atau organisasi) atau dapat diakses oleh publik.

Teknologi ini mempunyai kecepatan tinggi dan relatif mahal. Ada dua jenis WAN: Switched WAN dan Point-to-Point WAN. WAN sulit untuk dirancang dan dirawat. Mirip dengan MAN, toleransi kesalahan WAN lebih sedikit dan ada lebih banyak kemacetan di jaringan. Media komunikasi yang digunakan untuk WAN adalah PSTN atau Satellite Link.

Baik untuk saat ini seperti itu materi yang bisa kami sampaikan, mengenai Materi Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi pada Orientasi Dasar TJKT .

Mohon maaf jika terdapat kesalahan, anda bisa memberikan masukan pada halaman kontak, ataupun pada kolom komentar.

Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan Terimakasih

Tag Penelusuran
  • Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.
  • Orientasi Dasar pada TJKT.
  • Orientasi Dasar pada Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.
  • Kumpulan Materi Dasar-dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.

Posting Komentar untuk "Dasar TJKT - Orientasi Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi"