Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Instalasi NPM dan Node.js di Windows

Halo teman-teman semua, selamat datang kembali pada Web Blog kami, yaitu Awonapa Jr. Pada kesempatan ini kita akan sharing mengenai Bagaimana Cara Instalasi NPM dan Node.js di Sistem Operasi Windows.
Cara Install NPM dan Node.js

Daftar Isi Tutorial Instalasi NPM dan Node.js di Windows

Apa Itu Node.js

Node.js adalah platform yang dibangun di atas runtime JavaScript Chrome agar mudah membangun aplikasi jaringan yang cepat dan terukur.
Node.js ini open source server environment dan menggunakan model I/O yang membuatnya ringan dan efisien, sempurna digunakan untuk aplikasi real-time data-intensif yang berjalan di perangkat terdistribusi. Aplikasi Node.js ditulis dalam JavaScript, dan dapat dijalankan dalam runtime Node.js di OS X, Microsoft Windows, dan Linux.

Untuk menginstall atau menggunakan Node.js teman-teman diharuskan mengunduh framework Node.js terlebih dahulu. Framework Node.js ini tersedia di Linux diantaranya Ubuntu, Windows, dan OS X.

Apa Itu NPM

NPM atau Node Package Manager adalah tools yang teman-teman dapatkan setelah menginstall Node.js pada Sistem Operasi teman-teman sekalian.

NPM juga memiliki 2 Fungsi: 

Pertama, NPM adalah sebuah repository online di mana penggunanya dapat membagikan modul Node.js dan aplikasi karyanya.
Jika ingin menggunakan sebuah modul, Anda tinggal mencarinya di repository ini, mengunduhnya, lalu meng-installnya di komputer Anda.

Kedua, NPM juga merupakan command line yang digunakan untuk meng-install modul-modul tersebut beserta dependency-nya.
Dengan kedua fungsi tersebut, tentunya proses pembuatan proyek Anda akan lebih cepat.

Cara Install NPM di Windows

Untuk Menginstall Node.js dan NPM mari ikuti langkah-langkah berikut ini :

Langkah 1 : Download Node.js

Untuk mengunduh Installer Node.js teman-teman harus membuka browser lalu bisa ketikan alamat web berikut ini : https://nodejs.org/en/download/ atau klik link ini : Node.js Installer
Pada saat artikel ditulis, versi node.js terbaru adalah versi : v14.15.3.

Node.js Installer
Oiya di dalam website tersebut, terdapat versi yang LTS dan Current Version, disini kita akan menggunakan yang LTS karena itu adalah rekomendasi dari Node.js nya.
Silahkan di Unduh untuk Langkah Install Nodejs dan NPM berikutnya.

Langkah 2 : Install Node.js dan NPM

Setelah selesai Mengunduh Installer Node.js berikutnya adalah melakukan Installasi pada Sistem Operasi kita, disini saya menggunakan Windows.

  • Silahkan teman-teman buka file yang sudah di unduh tadi, lalu jalankan program tersebut. maka teman-teman akan mendapat tampilan seperti ini , lalu klik Next

    Install Nodejs

  • Pada layar berikutnya, tinjau perjanjian lisensi. Klik Berikutnya jika Anda menyetujui persyaratan dan menginstal perangkat lunak.

    Perjanjian Lisensi Program

  • Tahap berikutnya adalah, program akan menampilkan field untuk mengisi dimana program ini akan di install, disini saya secara default tetap pada folder tersebut.

    Install Node.js to

  • Wizard akan membiarkan Anda memilih komponen untuk disertakan atau dihapus dari instalasi. Pilih default, kecuali jika Anda memiliki kebutuhan khusus. Klik Berikutnya.

    Custom Setup

  • Berikutnya adalah Tools For Native Modules. disini adalah opsi untuk menginstall tools untuk mengkompile native modul. Disini bebas, untuk saya pribadi langsung Next saja.

    Tools For Native Module

  • Langkah berikutnya adalah terkahir, setelah langkah-langkah diatas selesai, Untuk tahap ini silahkan di review apakah tahap-tahap sebelumnya sudah benar atau belum, jika sudah teman-teman bisa mengklik Install.

    Last Step Install Node.js

  • Silahkan ditunggu beberapa saat, maka installasi NPM dan Node.js di Windows Telah Selesai.

    Finishing Instalation

Baik jika sudah selesai semua, maka berikutnya kita akan mengecek apakah NPM dan Node.js sudah terinstall dengan baik pada Sistem Operasi Kita. dengan menggunakan perintah node-v , jika sudah maka akan muncul hasil berupa versi dari nodejs tersebut, seperti gambar dibawah.

check after installation

Cara Update Node.js dan NPM di Windows

Cara termudah untuk memperbarui Node.js dan NPM adalah dengan mengunduh versi terbaru perangkat lunak. Pada halaman unduhan Node.js, pilih current latest features. Disana akan menampilkan versi terbaru. Anda dapat membandingkan ini dengan versi yang telah Anda instal.

Untuk upgrade, tinggal unduh versi terbaru dan instal. Setup wizard akan menimpa versi lama, dan menggantinya dengan versi baru.

Node.js Installer

Cara Uninstall Node.js dan NPM di Windows

Anda dapat menghapus Node.js dari Control Panel di Windows.
Untuk melakukannya:

Klik tombol Start>Settings>Apps. Temukan Node.js dan uninstall.
Uninstall Node.js

Baik sampai disini teman-teman sudah bisa menggunakan Node.js pada komputer teman-teman. Berikut ini adalah contoh penggunaan Node.js secara sederhana pada CMD.

Membuat Program Javascript Pertama

Baik teman-teman untuk saat ini kita akan mencoba membuat sebuah Program sederhana yang akan kita tampilkan di command prompt atau CMD kita.

1. Silahkan buat file dengan belajar.js
2. Isi file tersebut dengan sintak dibawah ini

var nama = "Awonapa Jr";
var materi = "Javascript";
console.log("Nama ku adalah " + nama);
console.log("Aku sedang Belajar " + materi );

silahkan disave, lalu teman-teman bisa jalankan di CMD atau command prompt menggunakan perintah  node belajar.js , dan akan menampilkan hasil seperti ini :

belajar console

Untuk sampai disini kita sudah selesai teman-teman, tahap berikutnya adalah memulai untuk memahami dari Pemahaman Dasar Javascript, untuk itu nantikan materi tersebut di pembahasan lainya dari blog ini ya.

Terimakasih Sudah berkunjung. Salam Semangat!

Tag Penelusuran 

Apa itu Javascript
Belajar Javascript
Instalasi NPM dan Node.js di Windows
Javascript Node.js

Posting Komentar untuk "Tutorial Instalasi NPM dan Node.js di Windows"