BELAJAR HTML | Apa Itu Meta tag Charset UTF-8 Pada HTML 5

Assalamualaikum , Hai Teman teman Awonapa JR, Selamat Datang dan bertemu kembali di Awonapa JR. udah lama gak share nih, pengen di lanjutin tentang HTML nya.
Kemarin udah belajar tentang
BELAJAR HTML | Cara Mudah Membuat Table & List di HTML ,
dan pasti mudah untuk temen temen semua memahami hal itu..

Pada kesempatan ini, ane bakal share tentang apa itu Charset..

Sebelum ke Materi Charset lebih baiknya kita pahami dulu tentang apa itu Meta Tag

charset utf-8

Pengertian Meta Tag

Sebelum ke Meta Tag , sekilas pengertian Metadata (Metadata adalah data (informasi) tentang data.). Nah itu adalah pengetian tentang Metadata.

Sedangkan Pengertian tag <meta> adalah menyediakan metadata tentang dokumen HTML. Metadata tidak akan ditampilkan pada halaman, tetapi akan mesin parsable.
Metadata dapat digunakan oleh browser (bagaimana untuk menampilkan konten atau reload halaman), mesin pencari (kata kunci), atau layanan web lainnya.

Mengenal meta-tag Charset UTF-8

Meta-tag Charset UTF-8 , adalah meta tag yang paling sering digunakan di dalam HTML, dan penulisan nya seperti ini.

<meta charset="utf-8">

Meta-tag tersebut digunakan untuk memberi instruksi kepada web browser , untuk menerjemahkan karakter di dalam HTML sebagai UTF-8. Dan apakah penting untuk menggunakan Meta-tag Charset UTF-8 ini?
Simak Selanjutnya.

Sejarah meta-tag Charset UTF-8

Sebenarnya Instruksi charset, digunakan untuk menerjemahkan bit-bit di dalam halaman HTML menjadi karakter.
Mungkin seperti Binary ya hehe.
  • Karakter set paling sederhana dan juga paling awal digunakan adalah karakter set ASCII, (dalam HTML ditulis sebagai charset=”us-ascii”). Karakter set ini terbatas pada huruf latin (a-z, A-Z) dan beberapa karakter lain seperti angka, spasi, tab, dll dengan total hanya 128 karakter.
  • Karakter set “us-ascii” kemudian dikembangkan menjadi karakter ANSI, atau dikenal juga sebagai ISO-8859-1 (dalam HTML ditulis sebagai charset=”ISO-8859-1”). Karakter ANSI mendukung 256 karakter, dan umumnya digunakan pada HTML versi 2.0 sampai dengan HTML 4.01.
  • Pada awal perkembangan XHTML, diperkenalkan karakter set UTF-8 (Unicode Transformation Format-8) yang mendukung hampir seluruh karakter yang ada di dunia. Dalam perkembangan selanjutnya, HTML5 juga menggunakan UTF-8 sebagai charset standar. Dengan menggunakan UTF-8, kita tidak perlu khawatir mengenai karakter atau bahasa apa yang akan digunakan. UTF-8 mendukung hingga lebih dari 10.000 karakter.

Cara Penulisan meta-tag Charset UTF-8

See the Pen
meta-tag charset utf-8
by Wahyu Pambudi (@wahyup)
on CodePen.


Pentingnya meta-tag Charset UTF-8

Penulisan meta tag charset sangat dianjurkan. Jika kita tidak menuliskan charset, web browser akan mencoba ‘menebak‘ karakter yang digunakan (biasanya web browser modern akan menggunakan utf-8 sebagai karakter default).
Beberapa waktu lalu terdapat sebuah bug pada sebuah browser dia tidak dapat menerjemahkan sebuah karakter set sehingga membuat halaman tidak maksimal .

Pentingnya meta-tag Untuk SEO

Dalam penggunakan Meta-tag pada SEO di sebuah halaman terdapat 3 Hal penting .

Meta Title
Meta title sama halnya dengan meta desc, bisa Anda edit di halaman HTML awal Anda. fungsi dari meta title ini adalah menunjukkan judul website Anda.

Meta Desc
Cara pertama adalah Anda harus memastikan meta desc Anda berkisar antara 160 atau lebih dari 160 karakter. agar google dapat dengan mudah meng indeks halaman anda.

Meta Keyword
Meta Keyword ini adalah sebuah meta yang unik, karena ini penting juga di SEO. Anda dapat mencari tahu Keyword yang ingin anda tentukan di beberapa website seperti Keyword Planner, SeoBook dan sebagainya.

Baik itulah yang bisa kita sharing pada kesempatan kali ini, jika ada saran kritik silahkan ditulis pada komentar ya teman teman.
Terimakasih! Dan Sampai Jumpa.
Wassalamualaikum.

    Tambah Skill Kamu, dengan Mengisi Email untuk Update!!

    Belum ada Komentar untuk "BELAJAR HTML | Apa Itu Meta tag Charset UTF-8 Pada HTML 5"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel